Kece Banget! Mas Menteri Nadiem Pakai Baju Adat Palembang di HUT RI

Ternyata ada makna filosofi di dalamnya, apa ya artinya?

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 secara virtual. Dalam kesempatan tersebut tampak Nadiem Makarim mengenakan pakaian adat Palembang, Sumatera Selatan.

Bersama dengan jajaran pejabat eselon satu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem mengikuti upacara di halaman kantor Kemendikbud Senayan, Jakarta, pada Senin (17/8/2020).

1. Nadiem turut menggunakan pakaian daerah di hari Kemerdekaan

Kece Banget! Mas Menteri Nadiem Pakai Baju Adat Palembang di HUT RIJajaran Kemendikbud ikuti upacara virtual HUT RI ke-75 (Dok. BKHumas Kemendikbud)

Mas Menteri, begitu Nadiem akrab disapa tahun ini memilih songket Palembang untuk dikenakan dalam peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Songket Palembang adalah salah satu karya budaya Sumatera Selatan yang masuk dalam domain keterampilan dan kemahiran kerajinan tradisional Indonesia.

Nadiem tampak mengenakan setelan beskap hitam. Gaya Mas menteri dilengkapi dengan songket Palembang berwarna biru tua yang apik dan elegan.

Baca Juga: Upacara HUT ke-75 RI, Ma'ruf dan Istri Kompak Berbusana Adat Melayu

2. Mas Menteri pakai filosifi dari songket Palembang untuk sampaikan pesan pada anak-anak Indonesia

Kece Banget! Mas Menteri Nadiem Pakai Baju Adat Palembang di HUT RIJajaran Kemendikbud ikuti upacara virtual HUT RI ke-75 (Dok. BKHumas Kemendikbud)

Songket Palembang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia pada 2013. Tak hanya sekadar kain untuk pelindung tubuh yang estetis namun Songket Palembang memiliki makna adiluhung yaitu kemakmuran, kejayaan, dan keberanian.

Berangkat dari filosofi itu mas menteri berharap anak-anak Indonesia tetap penuh semangat, terus berani bermimpi, berkarya dan berjuang meski di tengah keterbatasan.

"Kemerdekaan adalah kesempatan untuk bermimpi tanpa kecemasan. Kesempatan untuk bertanya tanpa rasa takut dan kesempatan untuk berkarya tanpa batas," pesan Mas menteri seperti dalam keterangan tertulisnya.

“Mari kita bersama-sama mewujudkan Indonesia Maju. Merdeka!” tutup dia.

3. Protokol kesehatan dilakukan ketat di Kemendikbud

Kece Banget! Mas Menteri Nadiem Pakai Baju Adat Palembang di HUT RIJajaran Kemendikbud ikuti upacara virtual HUT RI ke-75 (Dok. BKHumas Kemendikbud)

Protokol kesehatan dilakukan secara ketat di kantor Kemendikbud dalam menyaksikan secara virtual upacara pengibaran bendera yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

Setiap peserta yang mengikuti upacara secara virtual di kantor Kemendikbud diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak aman. Panitia juga mengukur suhu tubuh dan mempersiapkan hand sanitizer serta tempat untuk mencuci tangan.

Peserta yang hadir bahkan diwajibkan untuk mengikuti rapid test terlebih dahulu untuk memastikan kondisi kesehatan mereka aman. Sejumlah pejabat eselon satu Kemendikbud menggunakan pakaian adat nusantara dalam mengikuti upacara virtual.

Pelaksanaan upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia kali ini berlangsung secara virtual imbas pandemi COVID-19 yang masih mewabah di tanah air.

Baca Juga: Nadiem Izinkan Belajar Tatap Muka di Zona Kuning, Siap-siap Sekolah! 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya