Comscore Tracker

Keluarga Duga Ada Sosok yang Menuntun ZA Lakukan Aksi Teror

Warga sekitar menilai sosok ZA tampak lugu dan polos

Jakarta, IDN Times - Keluarga ZA, terduga pelaku teror di Mabes Polri Jakarta, menduga ada pihak yang menuntun anaknya melakukan serangan yang terjadi pada Rabu (31/3/2021). Hal ini disampaikan warga dekat rumah AZ, Tiuria Gultom usai berbincang dengan ayah AZ.

Ayah AZ sendiri tak bersedia untuk ditanyai. Tiuria lantas menceritakan hasil perbincangannya dengan ayah AZ.

"Makanya tadi dibilang (oleh ayah ZA) ada yang menuntun, ada yang bawa," ujar Tiuria ditemui di dekat rumah ZA pada Kamis (1/4/2021).

1. Keluarga sebut ZA sakit-sakitan

Keluarga Duga Ada Sosok yang Menuntun ZA Lakukan Aksi TerorWarga sekitar rumah keluarga AZ, terduga penyerangan Mabes Polri Jakarta bersama ayah terduga pelaku (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Ayah ZA tak percaya dan terkejut dengan aksi nekat yang dilakukan anaknya. ZA dikenal sebagai sosok yang tertutup dan tak berbaur dengan warga.

Menurut cerita ayah ZA ke Tiuria, putri bungsunya itu terbilang sakit-sakitan. "Iya (cerita ZA sakit-sakitan), kayak kurang sehat gitu," ujar Tiuria.

Pada Rabu, 31 Maret 2021, ZA disebut pamit kepada ibunya untuk keluar rumah. Tak kunjung pulang, pihak keluarga terpikir untuk melapor ke kepolisian.

Hal ini juga diceritakan ayah ZA kepada Tiuria. "Dia (ayah ZA) mau lapor itu kirain putrinya itu gak pulang," ujar Tiuria. "Kalau dia (ZA) engga pulang setelah 24 jam baru dia lapor polisi," ujar Tiuria lagi.

Baca Juga: Kesaksian Petugas Gali Kubur Terduga Teroris ZA, Tanpa Nisan dan Bunga

2. Warga kaget dengan aksi nekat ZA

Keluarga Duga Ada Sosok yang Menuntun ZA Lakukan Aksi TerorSeorang terduga teroris ditembak di Mabes Polri (Dok. Humas Mabes Polri)

Tiuria mengatakan ayah ZA terkejut tak menyangka buah hatinya melakukan tindakan penyerangan tersebut.

"Kami sebagai warga sekitar pun tidak percaya," ujar Tiuria. "Katanya ada orang yang menuntun dia, ada yang bawa dia, bapaknya bilang gitu," ujar dia lagi.

Menurut Tiuria, ZA tampak seperti sosok yang masih labil dan lugu.

3. Keluarga tak tahu aktivitas ZA di luar rumah, termasuk soal menembak

Keluarga Duga Ada Sosok yang Menuntun ZA Lakukan Aksi TerorIlustrasi Penembakan (IDN Times/Mardya Shakti)

Tiuria mengatakan, dari cerita ayah ZA, keluarga baru mengetahui kegiatan ZA di luar rumah termasuk perihal menembak dari Instagram.

"Dapat mereka itu semua kalau beliau (ZA) itu sudah begitu," ujar Tiuria. "Gak tahu bapaknya, kegiatan di luar itu sama sekali bapaknya tidak tahu, orang tua, keluarganya tidak tahu," kata dia.

Keluarga mengaku terkejut dengan seluruh fakta yang terkuak, termasuk soal senjata yang ditemukan digunakan oleh terduga pelaku. Oleh sebab itu, menurut Tiuria, keluarga merasa ada yang menuntun anaknya melakukan tindakan nekat tersebut.

Baca Juga: Tetangga Terduga Teroris: Keluarga Kaget Tak Sangka ZA Serang Polisi

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya