Comscore Tracker

Kemendikbud Buka Peluang 1 Juta Guru Honorer Jadi PNS di 2021

Lulusan PPG juga boleh daftar, lho~

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka peluang untuk menerima 1 juta guru honorer atau guru non-PNS dan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Penerimaan ini akan dilakukan dengan mengadakan Seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021.

"Pada saat ini diperkirakan kebutuhan tambahan tenaga pendidik di sekolah negeri adalah sekitar 1 juta guru," kata Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam pengumuman seleksi PPPK yang digelar secara virtual pada Senin (23/11/2020).

1. Buka kuota 1 juta guru, Kemendikbud: Belum tentu 1 juta yang diterima

Kemendikbud Buka Peluang 1 Juta Guru Honorer Jadi PNS di 2021Mendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam Pengumuman Seleksi Guru PPPK tahun 2021 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menjamin seluruh guru non-PNS dan guru honorer serta lulusan PPG dapat mendaftarkan diri dalam seleksi PPPK (P3K) hingga batas penerimaan maksimal 1 juta guru.

"Walaupun kamu sudah membuka formasi sebesar dengan 1 juta yang akan menjadi P3K adalah yang lulus seleksi," ujar Mendikbud dalam kesempatan yang sama.

"Jadi kalau cuma sebagian yang lulus seleksi, dari itulah yang di tahun 2021 akan menjadi guru P3K," sambung dia.

Baca Juga: Turun ke Lapangan, Nadiem Kaget Gaji Guru Honorer Cuma Rp100-300 Ribu

2. Jumlah guru ASN hanya memenuhi 60 persen dari kebutuhan

Kemendikbud Buka Peluang 1 Juta Guru Honorer Jadi PNS di 2021Ilustrasi Profesi (Guru) (IDN Times/Mardya Shakti)

Nadiem mengungkapkan, berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), jumlah tenaga guru ASN yang tersedia di sekolah negeri hanya 60 persen dari jumlah kebutuhan seharusnya yaitu sebanyak 1 juta guru.

"Jumlah ini pun dalam 4 tahun terakhir terus menurun rata-rata 6 persen setiap tahun. Hal ini menyebabkan sulitnya tercapai pelayanan yang optimal bagi siswa," ujar Nadiem.

Dia menyampaikan, berbagai riset menunjukkan meningkatnya hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh peran guru.

"Tinggi rendahnya kualitas guru akan membedakan sekitar 53 persen hasil belajar siswa dalam beberapa tahun ke depan," ujar mantan bos Gojek itu.

3. Siapkan anggaran, pemerintah pusat ajak pemda untuk bekerja sama penuhi kuota 1 juta guru

Kemendikbud Buka Peluang 1 Juta Guru Honorer Jadi PNS di 2021Ilustrasi guru honorer (Dok. Pribadi/Ahmad Syaiful Bahri)

Berdasarkan data Dapodik, Mas Menteri demikian Nadiem kerap disapa, menegaskan bahwa dibutuhkan 1 juta guru untuk sekolah-sekolah negeri di Nusantara. Dia lantas mengajak kepala daerah untuk menyerahkan daftar kebutuhan formasi tenaga guru di wilayah masing-masing.

"Kami mohon semua pemerintah daerah untuk mengajukan formasi sebanyak-banyaknya, sesuai dengan kebutuhannya. Karena kalau lolos tes P3K ini anggarannya akan dijamin oleh pemerintah pusat, tidak perlu khawatir," ujar Nadiem.

Baca Juga: Ini Syarat Utama Daftar Seleksi Guru Honorer P3K Menurut Nadiem

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya