Comscore Tracker

Kemenhub Bentuk Tim Cepat Tanggap Tsunami Palu dan Donggala

Posko khusus gempa dan tsunami bergerak di kantor pusat

Jakarta, IDN Times - Kementerian Perhubungan membentuk tim khusus dalam penanganan gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah. Tim yang dibentuk yakni quick respond team atau tim cepat tanggap di lapangan, dan ada pula posko khusus yang memantau di  Maritime Command Center (MCC) yang berlokasi di kantor pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat.

"Kemenhub bentuk quick respon team, ada di lantai 4 ruang MCC Komincenter," kata Direktur Direktur Kesatuan dan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Junaidi ditemui di kantor Kemenhub hari ini, Sabtu (29/9).

1. Kemenhub membentuk tim cepat tanggap di lapangan

Kemenhub Bentuk Tim Cepat Tanggap Tsunami Palu dan DonggalaIAIN Palu setelah gempa/Foto Prof Azyumardi Azra

Kemenhub membentuk tim cepat tanggap di lokasi terdampak gempa dan tsunami Palu dan Donggala. Tim ini diharapkan dapat membantu kinerja Kemenhub di lokasi kejadian.

Tim dibentuk guna melakukan pengecekan terhadap beberapa fasilitas transportasi di lokasi gempa dan tsunami. Mulai dari transportasi udara dan laut yang terkena dampak dari gempa bumi dan tsunami.

Baca Juga: Separuh Warga Binaan Lapas di Palu Kabur Akibat Gempa

2. Posko khusus bergerak di kantor pusat

Kemenhub Bentuk Tim Cepat Tanggap Tsunami Palu dan DonggalaIAIN Palu setelah gempa/Foto Prof Azyumardi Azra

Di lantai empat Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dijadikan sebagai posko khusus. Posko ini menjadi pusat quick response team Kemenhub. Beberapa pihak turut bergabung dalam tim ini. 

"Yang bergabung ada Ditjen Hub Udara, Darat, Laut, Umum, Komunikasi dan Pustikom," kata Sesditjen Laut Kemenhub Arif Toha, hari ini, Sabtu (29/9).

3. Kemenhub belum mendapat jaringan internet di Palu

Kemenhub Bentuk Tim Cepat Tanggap Tsunami Palu dan DonggalaIAIN Palu setelah gempa/Foto Prof Azyumardi Azra

Pihak Kemenhub belum berhasil mendapatkan jaringan internet di wilayah terdampak gempa. Hal ini menyebabkan komunikasi dan koordinasi dengan tim lapangan sulit dilakukan.

Kemenhub terus berkordinasi dengan pihak Telkom untuk dapat memperbaiki hal tersebut. "Kita sedang koordinasi dengan teman-teman di Telkom untuk bisa segera dapatkan akses (internet) di situ, sehingga bisa segera lakukan video conference di Palu," kata Pustikom Kemenhub Hengky Kurniawan.

Semoga bantuan untuk Palu dan Donggala segera disalurkan ya guys.

Baca Juga: BPPT: Energi Gempa Donggala dan Palu Setara 200 Kali Bom Hiroshima

Topic:

  • Rochmanudin
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya