Komnas HAM: Masalah Papua Kompleks dan Sudah Berlangsung Lama

Sudah tepat kah cara penanganan di Papua?

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik mengatakan permasalahan Papua merupakan masalah yang tidak sederhana. Selain itu, permasalahan di Papua juga sudah cukup lama terjadi.

"Masalah Papua memang kompleks dan sudah berlangsung lama. Tidak mudah menangananinya," kata Taufan, saat dihubungi IDN Times, Selasa (20/8) siang.

Baca Juga: Rapat Paripurna Diwarnai Interupsi Soal Kerusuhan Papua

1. Komnas HAM kecewa cara penanganan di Surabaya

Komnas HAM: Masalah Papua Kompleks dan Sudah Berlangsung LamaIDN Times/Vanny El Rahman

Komnas HAM mengaku kecewa dengan cara penanganan kasus yang terjadi di asrama Papua di Surabaya, Jawa Timur. Sebab, permasalahan Papua begitu kompleks dan tidak mudah diselesaikan. 

"Karena itu, kita kecewa ketika ada penanganan masalah seperti yang terjadi di Surabaya dan Malang. Alih-alih menyelesaikan persoalan, malah menimbulkan gejolak di Papua," kata dia.

Selain itu, Taufan mendorong kepada aparat keamanan yang tengah berada di Papua untuk mengindari pendekatan yang bersifat represif terhadap warga Papua.

"Dekati lah dengan dialog. Sekarang eskalasi sudah menurun, saya percaya pendekatan dialogis akan mendinginkan suasana," kata dia kepada IDN Times.

2. Kondisi di Sorong sudah terkendali

Komnas HAM: Masalah Papua Kompleks dan Sudah Berlangsung Lama

Menurut Taufan, kondisi di Sorong dan beberapa daerah lainnya di Papua relatif kondusif. "Laporan yang kami dapat dari perwakilan kami di sana, meski masih ada aksi di Sorong, Merauke dan lain-lain, tapi terkendali," kata dia.

"Jadi yang penting aparat di sana mengupayakan pendekatan dialogis saja," imbuh Taufan.

3. Komnas HAM menganggap aparat sudah tepat menangani

Komnas HAM: Masalah Papua Kompleks dan Sudah Berlangsung LamaDok.IDN Times/Istimewa

Menurut Taufan, pendekatan represif menjadi hal yang perlu dihindari aparat dalam menangani kasus di Papua. Pendekatan dengan diskusi dan dialog lebih dianjurkan Komnas HAM.

Menurut dia, sejauh ini aparat telah mengambil langkah yang tepat dalam menangani permasalahan di Papua. "Ya cukup baik, Kapolda melakukan persuasi sambil menjaga keamanan warga," kata dia.

4. Komnas HAM akan melakukan dialog di Manokwari

Komnas HAM: Masalah Papua Kompleks dan Sudah Berlangsung LamaIDN Times/Dini Suciatiningrum

Taufan mengatakan Komnas HAM juga akan melakukan diskusi ke Manokwari dalam waktu dekat ini. "Kepala perwakilan sudah bicara dengan aparat di sana, besok mereka ke Manokwari bertemu berbagai pihak," kata dia.

Baca Juga: KontraS: Ada 15 Kasus Persekusi Terhadap Mahasiswa Papua 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya