Masyarakat Mulai Berani Adukan Kinerja Polisi yang Dinilai Langgar HAM

Komnas HAM konstan terima pengaduan tentang kinerja polisi

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM, Amiruddin Al Rahab menyampaikan Komnas HAM banyak menerima laporan mengenai kepolisian dari masyarakat. Permasalahan administratif, penyelidikan, penyidikan, dan penyalahgunaan senjata api serta kekerasan di lapangan menjadi laporan terbanyak dari masyarakat tentang kepolisian.

"Selain itu kita juga melihat ada problem dengan kepolisian. Banyak sekali pengaduan dari masyarakat tentang kepolisian ini," kata Amiruddin dalam webinar yang disiarkan lewat kanal YouTube humas komnasham pada Jumat (28/8/2020). Webinar ini bertajuk "Wajah Hak Asasi Manusia dalam Refleksi 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia."

1. Komnas HAM terima 2.000 pengaduan dalam setahun

Masyarakat Mulai Berani Adukan Kinerja Polisi yang Dinilai Langgar HAMWebinar Komnas HAM (IDN Times/Margith Juita Damanik)

"Pengaduan sampai ke Komnas HAM jumlahnya cukup banyak satu tahun itu hampir diatas 2.000 lebih," kata Amiruddin dalam paparannya. Dari pengaduan-pengaduan itu, sebagian adalah soal kinerja kepolisian yang dikeluhkan masyarakat.

Jenis pengaduan yang masuk ke Komnas HAM pun menurut Amirudin bervariasi. Menurut dia pengaduan kepada Komnas HAM datang dari Aceh hingga Papua.

"Tapi yang penting hari ini kita catat adalah pengaduan-pengaduan ini hampir berkorelasi persoalannya dengan permasalahan sosial yang muncul di daerah itu," ucap Amiruddin.

Baca Juga: Polisi Ungkap Sumber Uang Rp200 Juta Kasus Pembunuhan Bos Pelayaran 

2. Pengaduan terkait dengan kepolisian muncul konstan tiap tahun

Masyarakat Mulai Berani Adukan Kinerja Polisi yang Dinilai Langgar HAMWakil Ketua Eksternal Komnas HAM, Amiruddin Al Rahab (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Ada satu hal yang disoroti Komnas HAM terkait dengan maraknya pengaduan masyarakat terhadap kepolisian ke Komnas HAM. "Yang utama itu adalah bagaimana masyarakat mulai melihat bahwa kinerja polisi sangat erat berkaitan dengan perkembangan diri mereka," kata dia.

Beberapa tahun ke belakang kesadaran itu muncul sehingga masyarakat mulai melaporkan kinerja polisi. "Ini mulai muncul konstan setiap tahunnya," kata Amiruddin lagi.

3. Dulu tidak banyak pengaduan tentang kepolisian ke Komnas HAM

Masyarakat Mulai Berani Adukan Kinerja Polisi yang Dinilai Langgar HAMIlustrasi Polisi (IDN Times/Prayugo Utomo)

Menurut Amiruddin, Komnas HAM melihat kesadaran masyarakat soal kaitan antara perkembangan diri mereka dan kinerja polisi terbilang muncul baru-baru ini. "Dulu tidak terlalu banyak diadukan. Sekarang sangat banyak kepada Komnas HAM," kata Amiruddin.

Fenomena ini menurutnya, menjadi gejala yang sangat dirasakan oleh masyarakat. Sehingga, akhirnya banyak laporan terkait gejala tersebut yang diadukan ke Komnas HAM.

Baca Juga: Dua Jenderal Polri Ngaku Terima Suap dari Joko Tjandra

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya