KPAI Mengapresiasi Penyelenggaraan UNBK di Wilayah Terdampak Bencana

Soal UNBK menjadi lebih sederhana

Jakarta, IDN Times - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang pendidikan Retno Listiyarti mengapresiasi kinerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang telah menyederhanakan soal-soal ujian bagi wilayah terdampak bencana.

“Wilayah-wilayah terdampak bencana harus disesuaikan dengan materi yang mampu diselesaikan siswa dan guru di sekolah-sekolah darurat, mengingat proses pembelajaran di sekolah-sekolah darurat kurang kondusif,” kata Retno dalam keterangan tertulis, Senin (1/4).

1. KPAI mengklaim warga lebih mudah mengerjakan soal UNBK yang telah disederhanakan

KPAI Mengapresiasi Penyelenggaraan UNBK di Wilayah Terdampak BencanaIDN Times/Prayugo Utomo

KPAI mengklaim soal-soal UNBK yang telah disederhanakan lebih mudah dikerjakan oleh siswa di daerah terdampak bencana, seperti di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Karena itu KPAI mengapresisasi langkah yang diambil Kemendikbud untuk sekolah-sekolah darurat di wilayah terdampak bencana.

2. UNBK pada hari pertama berjalan lancar

KPAI Mengapresiasi Penyelenggaraan UNBK di Wilayah Terdampak BencanaIDN Times/Margith Julia Damanik

KPAI menilai UNBK tingkat Sekolah Menengan Atas (SMA) berjalan lancar pada hari pertama. Meski begitu, KPAI masih menemukan ada sekolah yang mengalami kendala.

Salah satu kendala yang ditemukan adalah koneksi jaringan. Namun kendala tersebut dapat diatasi.

3. Pantauan KPAI terkait UNBK

KPAI Mengapresiasi Penyelenggaraan UNBK di Wilayah Terdampak BencanaUjian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata Dalung, Badung, Bali - ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Seperti diketahui, UNBK tingkat SMA berlangsung pada 1, 2, 4 dan 8 April 2019. UNBK ini digelar secara serentak di semua sekolah SMA dan setingkat SMA di seluruh Indonesia.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya