KPAI: Siswa dari 119 Sekolah Akan Ikut Berunjuk Rasa Hari Ini

KPAI minta kepala sekolah segera berkordinasi

Jakarta, IDN Times - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan, Retno Listyarti, mengatakan sampai pagi ini (pukul 08.00 WIB) pihaknya menerima laporan ada siswa dari 119 sekolah yang diduga akan turun ke jalan untuk berunjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (30/9).

Retno meminta Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten untuk segera mengambil tindakan pencegahan. "Agar anak-anak kita tidak ikut aksi yang berpotensi rusuh dan membahayakan keselamatannya," tulis Retno dalam keterangan tertulis.

Selain itu KPAI juga membuat edaran melalui aplikasi WhatsApp untuk seluruh Kepala Sekolah SMA/SMK agar segera berkoordinasi dengan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan seluruh wali kelas untuk dapat berkomunikasi dengan orang tua siswa melalui grup-grup yang ada di WhatsApp.

"Untuk mengecek keberadaan siswa dan memastikan para siswa pulang ke rumah masing-masing, kalau perlu orang tua langsung menjemput ke sekolah di jam pulang nanti," kata Retno.

Beberapa sekolah yang masuk dalam daftar KPAI antara lain STM Kapal 615 Legok, Budi Utomo, SMK Wijaya Kusuma, TEXAZ68, dan SMK2 Grafika 2103. Selain itu masih ada 114 sekolah lainnya yang masuk dalam data yang diterima KPAI.

Baca Juga: Aksi Demo Mahasiswa Berakhir Rusuh, Polri: Ada Penumpang Gelap

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya