KPU Teken MoU dengan BSSN dan Garuda Indonesia, Buat Apa Ya?

Urusan IT dan kargo jadi perhatian KPU

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meneken nota kesepahaman atau MoU kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Penandatanganan dilakukan di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Ketua KPU RI, Ilham Saputra, tak memungkiri jika penandatanganan MoU ini terlihat sebagai salah satu persiapan menuju pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Ya sebetulnya bisa saja dibaca seperti itu (sebagai persiapan Pemilu)," ujar Ilham dalam konferensi pers usai penandatanganan.

1. Pilkada hingga Pilpres 2024 perlu dipersiapkan secara matang

KPU Teken MoU dengan BSSN dan Garuda Indonesia, Buat Apa Ya?Ketua KPU RI Ilham Saputra dan Sekretaris Utama BSSN Syahrul Mubarak dalam konferensi pers di Gedung KPU Pusat, Jakarta. (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Diketahui, pada 2024, akan ada sejumlah Pemilu yang bakal diselenggarakan. Mulai dari pemilihan kepala daerah (Pilkada), Pemilu DPR/DPRD hingga pemilihan presiden (Pilpres).

Menurut Ilham, agenda pesta demokrasi tersebut perlu dipersiapkan. Termasuk terkait dengan IT dan kargo.

"Karena persiapan pemilu tentu saja kalau dilihat dari siklus pemilu itu kita harus menyiapkan perencanaannya," ujar dia.

Baca Juga: KPU Usulkan Pemilu 2024 Digelar 21 Februari

2. Kerja sama dengan BSSN, keamanan data pemilih jadi perhatian

KPU Teken MoU dengan BSSN dan Garuda Indonesia, Buat Apa Ya?Ketua KPU RI Ilham Saputra dan Sekretaris Utama BSSN Syahrul Mubarak dalam konferensi pers di Gedung KPU Pusat, Jakarta. (IDN Times/Margith Juita Damanik)

KPU melakukan kerja sama dengan BSSN terkait perlindungan informasi dan transaksi elektronik. Kerja sama ini akan diaplikasikan dengan pemanfaatan sertifikat elektronik untuk meningkatkan keamanan transaksi elektronik, pengamanan teknologi informasi dan komunikasi, peningkatan dan pengembangan SDM, pertukaran informasi, serta kegiatan lainnya.

Sementara itu, BSSN akan menjamin keamanan data pemilih dalam Pemilu 2024 yang akan diselenggarakan KPU.

"Untuk data pemilih, sebetulnya data itu berinduk dari data kependudukan, dan kami sudah bekerja sama sejak lama dengan Dirjen Dukcapil untuk pengamanan data kependudukan," ujar Sekretaris Utama BSSN, Syahrul Mubarak, pada kesempatan yang sama.

"Ketika ini dipakai KPU tidak ada masalah," sambungnya.

3. KPU juga lakukan kerja sama dengan Garuda Indonesia

KPU Teken MoU dengan BSSN dan Garuda Indonesia, Buat Apa Ya?Maskapai Nasional Garuda Indonesia Yayasan Artha Mask Livery dengan Masker (Dok. Garuda Indonesia)

KPU juga bekerja sama dengan PT Garuda Indonesia Tbk (Persero). Dalam hal ini, kerja sama dilakukan terkati dengan pemanfaatan produk dan layanan dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilihan.

Pihak Garuda Indoneia menyatakan diri bersedia untuk memberi akses rute untuk menjangkau daerah-daerah yang diperlukan KPU. Salah satunya terkait layanan kargo untuk logistik Pemilu.

Diharapkan kerja sama ini dapat mewujudkan efektivitas kerja, terpadu, terarah, dan berkesinambungan.

Baca Juga: Tolak Revisi UU PIlkada, Kemendagri Ingin Pilkada Serentak Tetap 2024

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya