Kuota Belajar Terakhir Kemendikbud Didistribusikan, Kamu Sudah Dapat?

Ini subsidi terakhir dari Kemendikbud, lho

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mendistribusikan program kuota Belajar gelombang terakhir. Kali ini, kuota untuk bulan November dan Desember didistribusikan secara bersamaan.

“Sesuai Persesjen Kemendikbud, bantuan kuota data intenet bulan Desember akan kita bagikan sekaligus pada akhir November," ujar pelaksana tugas Kepala Pusat Data dan Informasi, Muhammad Hasan Chabibie seperti dalam keterangan tertulis yang dilansir IDN Times dari laman resmi Kemendikbud pada Rabu (2/12/2020).

"Untuk itu, bagi seluruh peserta didik dan tenaga pengajar mohon dimanfaatkan bantuan kuota data internet ini untuk keperluan belajar,” dia menambahkan.

1. Berlaku selama 75 hari

Kuota Belajar Terakhir Kemendikbud Didistribusikan, Kamu Sudah Dapat?Ilustrasi Kuliah Online (IDN Times/Candra Irawan)

Baca Juga: Anggaran Bantuan Kuota Internet Rp6,6 T, Cek Kamu Dapat Jatah Berapa!

Jika pada periode September dan Oktober Kuota Belajar hanya berlaku selama 30 hari, periode November-Desember ini kuota belajar akan berlaku selama 75 hari. Kuota sudah dibagikan pada 22-24 November 2020 (Tahap I) dan 28-30 November (Tahap II).

Sama seperti tahapan sebelumnya, paket kuota internet untuk peserta didik PAUD sebesar 20 GB per bulan (5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB). Sedangkan peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 35 GB per bulan (5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB).

Bagi pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 42 GB per bulan (5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar).

Di sisi lain, mahasiswa dan dosen mendapatkan Kuota Belajar 50 GB per bulan (5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar).

2. Jadi subsidi kuota Kemendikbud terakhir di 2020

Kuota Belajar Terakhir Kemendikbud Didistribusikan, Kamu Sudah Dapat?Ilustrasi belajar online dengan manfaatkan wifi gratis (IDN Times/Dini suciatiningrum)

Subsidi kuota belajar periode November dan Desember ini menjadi subsidi terakhir yang diberikan Kemendikbud di tahun 2020. Subsidi Kuota sudah berjalan sejak September 2020.

Subsidi ini diberlakukan Kemendikbud untuk mendukung proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang berlangsung imbas pandemik COVID-19 di tanah air.

Seperti periode sebelumnya, Kuota Belajar kali ini juga dibagi berdasarkan jenjang pendidikan. Guru dan Dosen pun mendapatkan subsidi ini.

3. Catatan subsidi Kuota Belajar periode Oktober

Kuota Belajar Terakhir Kemendikbud Didistribusikan, Kamu Sudah Dapat?Ilustrasi Belajar Online (IDN Times/Sunariyah)

Pada periode Oktober, Kemendikbud mengeluarkan 7,2 juta pake Kuota Belajar bagi peserta didik dan pendidik di seluruh Indonesia dalam tahap pertama.

Adapun catatan sebarannya terdiri dari 946 ribu untuk jenjang PAUD, 5,3 juta untuk jenjang SD, 2,5 juta untuk jenjang SMP, 1,6 juta untuk jenjang SMA, 1,3 juta untuk jenjang SMK, 35 ribu untuk SLB, serta 27 ribu untuk kesetaraan.

Selain itu, 957 ribu guru, 915 ribu mahasiswa, dan 65 ribu dosen juga menerima subsidi ini.

Baca Juga: Merdeka Belajar Dikti Fokus Pendanaan, Rektor UNS Dorong Akreditasi

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya