Comscore Tracker

Lagi, 1 Jasad Korban Pembantaian di Papua Ditemukan

Dari 18 korban, 17 adalah warga sipil

Jakarta, IDN Times - Operasi pencarian lima karyawan PT Istaka Karya masih terus dilakukan tim aparat gabungan TNI dan Polri di Kabupaten Nduga, Papua. Tim kembali menemukan satu jenazah korban pembantaian yang diduga dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) itu pada Minggu (2/12).

Jenazah ditemukan di sekitar kawasan Gunung Tabo, Distrik Yall, Kabupaten Nduga, Papua. Lokasi ini tak jauh dari titik lokasi jenazah sebelumnya ditemukan.

Baca Juga: Menteri Basuki Pastikan Proyek Trans Papua Akan Dilanjutkan 

1. Penemuan jenazah berjarak 500 meter dari lokasi sebelumnya

Lagi, 1 Jasad Korban Pembantaian di Papua DitemukanIDN Times/Sukma Shakti

Dilansir kantor berita Antara, Minggu (9/11), Komandan Korem 172/PVY Kolonel Infantri Binsar Sianipar mengatakan, korban ditemukan tak jauh dari lokasi penemuan jenazah sebelumnya.

Jarak dari penemuan sebelumnya dengan lokasi penemuan berjarak sekitar 500 meter.

2. Lokasi korban sulit dicapai

Lagi, 1 Jasad Korban Pembantaian di Papua DitemukanIDN Times/Sukma Shakti

Lokasi korban yang baru ditemukan tergolong sulit dilalui. Sulitnya lokasi penemuan karena diduga saat insiden, korban lari ke arah kanan titik acuan.

"Jenazah yang belum dipastikan identitasnya itu hingga kini belum dibawa dari Mbua, namun sudah berada di pinggir jalan, sehingga memudahkan anggota untuk mengevakuasi pada Senin (10/12)," kata Binsar.

3. Masih ada empat karyawan yang belum ditemukan

Lagi, 1 Jasad Korban Pembantaian di Papua DitemukanIDN Times/Sukma Shakti

Hingga saat ini masih ada empat karyawan PT Istaka Karya yang belum ditemukan. Pencarian masih terus dilakukan oleh tim gabungan TNI dan Polri.

Binsar mengatakan pencarian akan terus dilakukan hingga keempat korban ditemukan. Tidak ada batas waktu pencarian untuk para korban.

4. Sebanyak 17 warga sipil menjadi korban

Lagi, 1 Jasad Korban Pembantaian di Papua DitemukanIDN Times/Sukma Shakti

Akibat pembantaian KKB, tercatat 18 orang menjadi korban meninggal. Dari jumlah tersebut, 17 di antaranya merupakan warga sipil, sedangkan satu lainnya merupakan salah satu anggota TNI AD.

KKB yang diduga pimpinan Egianus Kogoya itu membunuh 17 karyawan PT Istaka Karya, yang tengah mengerjakan proyek pembangunan jembatan di Distrik Yall, Kabupaten Nduga, Papua.

5. Korban digiring dari camp

Lagi, 1 Jasad Korban Pembantaian di Papua DitemukanIDN Times/Sukma Shakti

Pembantaian ini diduga bermula KKB menggiring 25 orang dari 28 pekerja dari camp mereka. Sementara, tiga lainnya diketahui tengah menghadiri acara bakar batu.

Tujuh orang diinformasikan berhasil melarikan diri. Mereka diamankan aparat keamanan di sekitar Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua.

Sebelumnya, sempat dikabarkan korban pembantaian sebanyak 31 orang dari karyawan PT Istaka Karya. 

Baca Juga: Keluarga Sesalkan Fais Syaputra Berangkat ke Papua Jadi Kuli

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You