Lebaran Mau Ketemu Jokowi? Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Jokowi open house untuk masyarakat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan mengadakan open house untuk seluruh masyarakat di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada lebaran pertama yang jatuh Rabu (5/6).

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono, menjelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan masyarakat untuk dapat bersalaman dan bersilaturahmi dengan Presiden.

1. Titik kumpul di Monas

Lebaran Mau Ketemu Jokowi? Ini Yang Harus Kamu Lakukaninstagram.com/travelerndeso

Open house di Istana Negara akan dilakukan mulai pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB. Masyarakat yang ingin bersilaturahmi dengan Presiden dapat berkumpul di Monas untuk melakukan sterilisasi.

"Pertama masyarakat yang mau ikut open house itu kami kumpulkan di Monas, di sana sterilisasi," kata Heru di Istana Negara, Selasa (4/6). Setelah melakukan sterilisasi, nantinya masyarakat akan diajak ke istana.

Baca Juga: Sederet Penghormatan Tinggi dari Jokowi untuk Ani Yudhoyono

2. Diharapkan tidak membawa barang berukuran besar

Lebaran Mau Ketemu Jokowi? Ini Yang Harus Kamu Lakukaninstagram.com/bitova_renovian

Guna mempermudah dan mempercepat proses sterilisasi, masyarakat diharapkan untuk tidak membawa barang dengan ukuran besar.

"Diimbau tidak membawa barang-barang yang besar, tidak bawa ransel, ya cukup bawa tas kecil lah, kalau laki mah gak usah bawa apa-apa, untuk mempermudah dan mempercepat sterilisasi," kata Heru.

Heru mengatakan, semakin cepat proses sterilisasi, semakin banyak masyarakat yang dapat diterima oleh presiden.

3. Berpakaian rapih dan bersih

Lebaran Mau Ketemu Jokowi? Ini Yang Harus Kamu LakukanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Bertemu dengan kepala negara, masyarakat diharapkan untuk mengenakan pakaian yang sopan. "Tentu pakaiannya yang rapih bersih, masyarakat pasti paham," kata Heru.

Heru juga manyampaikan, tenda ber-ac sudah disiapkan di Monas untuk masyarakat yang akan mengantre sembari mengikuti proses sterilisasi. Masyarakat nantinya akan masuk melalui Sekretariat Negara.

4. Disiapkan photo booth

Lebaran Mau Ketemu Jokowi? Ini Yang Harus Kamu LakukanANTARA Foto/Nova Wahyudi

Pihak istana memastikan kenyamanan bagi masyarakat yang akan datang bersilaturahmi dan bersalaman dengan presiden. "Minuman dan makanan ringan kami siapkan, setelah salaman dengan bapak presiden disiapkan sarapan pagi," kata Heru.

Selain itu, disiapkan juga photo booth bagi masyarakat yang ingin berselfie. "Kami siapkan ada sedikit bingkisan dari Bapak Presiden. Lantas kalau mau keluar, mau pulang, di area parkiran Sekneg disiapkan booth atau backdroop kalau mau foto-foto, selfie," lanjut Heru.

5. Acara selesai pukul 12.30 WIB

Lebaran Mau Ketemu Jokowi? Ini Yang Harus Kamu LakukanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut Heru, acara diperkirakan selesai dan ditutup pukul 12.30 WIB. Untuk itu masyarakat diharapkan untuk tidak datang melebihi waktu yang sudah ditetapkan.

Mengadakan open house lebih kurang tiga jam, Heru memperhitungkan kemungkinan ada lebih dari tiga ribu masyarakat yang akan hadir untuk silaturahmi dan bersalaman dengan presiden.

"Ya kalau hitungannya tiga jam ya kurang lebih 3 ribuan masyarakat lah," kata Heru.

Baca Juga: Jokowi Akan Pimpin Upacara Pemakaman Ani Yudhoyono di TMP Kalibata

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya