Comscore Tracker

Lutfi Dianiaya Hingga Disetrum, Nasir Djamil: Kalau Benar, Biadab!

Oknum kepolisian yang terlibat harus diperiksa!

Jakarta, IDN Times - Anggota komisi III DPR RI Nasir Djamil ikut angkat bicara soal pernyataan Lutfi yang viral soal penganiayaan yang diduga dilakukan oleh penyidik Polres Jakarta Barat saat menginterogasinya. Pemuda yang viral karena membawa bendera merah putih saat aksi demonstrasi pelajar STM tersebut bahkan mengaku dirinya disetrum oleh aparat ketika sedang membuat Berita Acara Pemeriksaan usai ditangkap pada 30 September 2019 lalu.

Hadir di acara Mata Najwa pada Rabu (22/1) malam, Nasir menyayangkan tindakan yang dilakukan kepolisian, jika memang kesaksian Lutfi benar adanya. Ia juga mengingatkan saat ini aparat kepolisian sedang ingin menciptakan kesan humanis di lembaganya, sehingga jangan sampai tercoreng dengan adanya kasus Lutfi ini.

1. Nasir Djamil sebut Lutfi tak pantas diperlakukan seperti itu

Lutfi Dianiaya Hingga Disetrum, Nasir Djamil: Kalau Benar, Biadab!Politikus PKS Nasir Djamil (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dalam kesaksiannya Lutfi mengatakan sempat menerima tindakan kekerasan berupa pemukulan dan penyetruman. Hal ini diterimanya sebagai bentuk paksaan untuk mengaku telah melempar batu kepada aparat yang bertugas menjaga keamanan di lokasi demonstrasi kala itu.

"Tidak pantas sebenarnya Lutfi diperlakukan seperti itu," kata Nasir Djamil dalam acara Mata Najwa. Dia justru menyebutkan, berdasarkan kesaksian Lutfi, dia bahkan seharusnya dibebaskan.

Baca Juga: Dilema Ibunda di Balik Pengakuan Mengejutkan Lutfi Alfiandi 

2. Nasir minta oknum kepolisian yang menganiaya Lutfi harus diperiksa

Lutfi Dianiaya Hingga Disetrum, Nasir Djamil: Kalau Benar, Biadab!Sidang ketiga kasus pemuda pembawa bendera Merah Putih, Lutfi Alfiandi di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (IDN Times/Lia Hutasoit)

Kesaksian yang diberikan Lutfi menunjukkan sisi aparat kepolisian yang seolah tidak berperikemanusiaan. Hal ini pun amat disayangkan oleh Nasir.

“Kalau benar apa yang terjadi pada Lutfi, sungguh biadab," kata Nasir. "Oknum kepolisian yang bersangkutan harus diperiksa. Ini sangat jauh dari kesan humanis kepolisian. Dan ini merisaukan," lanjut dia.

3. Lutfi harus dibebaskan

Lutfi Dianiaya Hingga Disetrum, Nasir Djamil: Kalau Benar, Biadab!IDN Times/Candra Irawan

Kala itu Lutfi ikut turun aksi menyuarakan penolakan terhadap sejumlah RUU kepada anggota dewan yang ada di gedung DPR. Menjadi sasaran dari demonstrasi pelajar termasuk Lutfi, Nasir menegaskan hal itu tidak menjadi masalah baginya dan anggota dewan lainnya.

"Meski yang didemo itu kami di DPR tapi itu adalah hak. Ruh dalam demokrasi itu sendiri," kata Nasir. "Harus dibebaskan Lutfi ini," kata dia.

Baca Juga: Komnas HAM Segera Telusuri Pengakuan Penyiksaan Lutfi Alfiandi  

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya