Comscore Tracker

Luthfi Pembawa Bendera yang Viral Saat Demo DPR Hadapi Sidang Perdana

Massa datangi PN Jakpus untuk dukung Luthfi

Jakarta, IDN Times - Sidang perdana Luthfi Alfiandi (20) akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (12/12). Luthfi adalah satu demonstran yang terlibat dalam aksi pelajar sekolah menengah di depan gedung DPR pada 30 September yang ditangkap polisi.

Luthfi dikenal karena fotonya saat menggenggam bendera Merah Putih untuk menghindari gas air mata polisi tersebut viral di media sosial.

Dua hari belakangan nama Luthfi menjadi trending topic di Twitter. Hari ini tagar #FreedomForLuthfi kembali masuk dalam jajaran terpopuler Twitter.

Baca Juga: KPAI Bentuk Tim Perlindungan Anak Tindaklanjuti Soal Pelajar Ikut Demo

1. Luthfi mendapat dukungan di media sosial, bahkan menjadi trending topic

Luthfi Pembawa Bendera yang Viral Saat Demo DPR Hadapi Sidang PerdanaDukungan untuk Luthfi marak di media sosial (Dok.IDN Times/Twitter.com)

Pemuda yang akrab disapa Dede ini mendapat banyak dukugan di media sosial. Berdasarkan pantauan IDN Times hingga pukul 11.06 WIB hari ini tagar #FreedomForLuthfi bertengger di trending ketiga Twitter dengan 15.200 Tweet.

Pada Rabu (11/12) tagar #BebaskanLuthfi juga sempat menjadi trending. Di media sosial juga diedarkan undangan kepada masyarakat menghadiri sidang Luthfi di PN Jakarta Pusat.

2. Sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan

Luthfi Pembawa Bendera yang Viral Saat Demo DPR Hadapi Sidang PerdanaLuthfi akan menjalani sidang perdana hari ini (12/12) di PN Jakarta Pusat (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sidang Luthfi dijadwalkan digelar pukul 14.00 WIB di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Kasus ini dikualifikasikan sebagai kejahatan terhadap penguasa hukum.

Sidang akan digelar di ruang Kusuma Admaja 4 dengan agenda pembacaan dakwaan. Jadwal ini dibenarkan Sutra Dewi sebagai kuasa hukum Luthfi.

"Siang jam 14.00," kata Sutra Dewi ketika dihubungi IDN Times.

3. Kuasa hukum akan ajukan penangguhan penahanan terhadap Luthfi

Luthfi Pembawa Bendera yang Viral Saat Demo DPR Hadapi Sidang PerdanaSejumlah massa datangi ON Jakpus untuk dukung Luthfi (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Kuasa hukum Luthfi menyatakan akan mengajukan penangguhan penanganan terhadap kliennya. "Kami akan ajukan penangguhan penahanan," kata Sutra Dewi pada IDN Times.

Penangguhan penahanan akan diajukan hari ini dalam persidangan. Sebelum sidang dimulai, sejumlah massa mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Pusat untuk memberi dukungan langsung kepada Luthfi.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini
http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Demonstran Pembawa Bendera Segera Disidang Jadi Trending Topic

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You