Comscore Tracker

Mendikbud Nadiem Makarim Masuk Daftar Time 100 Next 2019 

Nadiem satu-satunya tokoh Indonesia masuk daftar itu

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim masuk dalam daftar Time 100 Next 2019.

Nadiem merupakan satu-satunya orang Indonesia yang masuk dalam daftar bergengsi tersebut, di kategori leaders.

Baca Juga: Menteri Nadiem Makarim Ternyata Gak Punya Akun Media Sosial

1. Nama Nadiem sejajar dengan tokoh dunia lainnya

Mendikbud Nadiem Makarim Masuk Daftar Time 100 Next 2019 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim saat ditemui usai penyerahan Apresiasi Bunda PAUD Nasional pada Senin (18/11) mengaku salut dengan Bunda PAUD (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Nama Nadiem masuk dalam Time 100 Next 2019 Leaders bersama sejumlah tokoh internasional lainnya. Di antaranya Presiden Kosta Rika Carlos Alvarado Quesadda dan Menteri Lingkunga Hidup Jepang Shinjiro Koizumi.

Time tak hanya mengeluarkan daftar untuk kategori pemimpin, namun juga untuk kategori artis, advokat, inovator, dan tokoh-tokoh lain yang dikagumi dunia.

2. Nadiem dinilai berpeluang membentuk pemimpin masa depan

Mendikbud Nadiem Makarim Masuk Daftar Time 100 Next 2019 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim saat ditemui usai penyerahan Apresiasi Bunda PAUD Nasional pada Senin (18/11) mengaku salut dengan Bunda PAUD (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Dalam keterangan di laman resmi Time 100 Next 2019, time.com/collection/time-100-next-2019, Nadiem tak hanya dikenal sebagai mendikbud, namun juga sebagai mantan pimpinan Gojek yang aplikasinya populer dengan pelayanan jasa, mulai dari antar jemput, pembayaran, hingga pemesanan makanan secara online.

Wakil Direktur Pusat Studi Strategis dan Internasional, Brian Harding menyebut, Nadiem sebagai sosok muda dan cerdas yang masuk dalam susunan Kabinet Indonesia Maju.

Posisi Nadiem sebagai mendikbud, disebut dapat memberinya peluang untuk membentuk pemimpin masa depan. Terutama sebagai pemimpin ekonomi terbesar ke-16 di dunia.

3. Jadi menteri, Nadiem minta waktu 100 hari untuk susun aplikasi dan program kerja

Mendikbud Nadiem Makarim Masuk Daftar Time 100 Next 2019 Mendikbud Nadiem Makarim hadiri Milad Muhammadiyah Ke 107 di Gedung Sportorium UMY, Senin malam(18/11). IDN Times/Humas dan Protokol UMY

Nadiem dilantik menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan pada 23 Oktober lalu bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. Kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Nadiem meminta waktu 100 hari untuk menyusun aplikasi dan program kerja.

Menjadi menterii, Nadiem memutuskan memposisikan diri sebagai murid dan belajar banyak dari stakeholders di bidang pendidikan.

Saat rapat kerja perdana dengan anggota dewan, Nadiem mengaku menyukai hal yang sulit dan rumit. Itu juga yang mendorongnya menerima tantangan menjadi mendikbud.

Baca Juga: Nadiem Makarim: Kesenangan dalam Belajar Lebih Penting dari Calistung

Topic:

  • Sunariyah

Just For You