Mengenal Sosok Qyara Maharani, Pembawa Bendera Upacara HUT RI Istana

Qyara Maharani putri Garut kebanggaan Jawa Barat

Jakarta, IDN Times - Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bernama tim Indonesia Tumbuh telah menyelesaikan tugasnya dalam Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021) sore.

Upacara penurunan bendera masih menjadi rangkaian upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI.

Dari tim Indonesia Tumbuh, Qyara Maharani Putri terpilih menjadi pembawa bendera setelah bendera diturunkan. Sosok pembawa bendera setiap upacara peringatan HUT RI memang kerap jadi sorotan.

Siapa sosok Qyara Maharani Putri?

Baca Juga: Profil Perwira Komandan HUT RI Putu Sucahyadi, Tim Akrobatik AU Lho   

1. Qyara siswa kelahiran Jakarta yang mewakili Jawa Barat

Mengenal Sosok Qyara Maharani, Pembawa Bendera Upacara HUT RI IstanaQyara Maharani Putri, Tim Indonesia Tumbuh, Pasukan Penurunan Bendera Pusaka di Istana Negara pada Selasa (17/8/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Qyara Maharani Putri merupakan Paskibraka wakil dari Jawa Barat. Dia lahir di Jakarta, 18 Desember 2004. Saat ini, dia tengah menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Garut, Jawa Barat.

Sebelum bertugas, Qyara sempat mendapat dukungan dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Garut, yang disampaikan di akun Instagram PPI Kabupaten Garut.

2. Wakil kedua Jawa Barat yang bawa baki sejak lima tahun terakhir

Mengenal Sosok Qyara Maharani, Pembawa Bendera Upacara HUT RI IstanaQyara Maharani Putri, salah satu Paskibraka dalam Tim Indonesia Tumbuh mengembalikan Bendera Merah Putih dalam Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka pada Selasa (17/8/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Qyara tak mampu menyembunyikan rasa harunya saat terpilih menjadi pembawa bendera pusaka.

"Yang pasti, gak percaya, seneng, terharu, sedih karena gak semua bisa jadi pembawa bendera," kata Qyara dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa.

Sekadar pengingat, selama lima tahun terakhir, dua putri Jawa Barat terpilih menjadi pembawa baki dalam upacara peringatan HUT RI.

Pada peringatan HUT ke-73 RI, wakil Jawa Barat, Tarisa Maharani Dewi juga dipilih menjadi pembawa baki dalam upacara pengibaran bendera.

3. Tiga orang lain yang bertugas selain Qyara

Mengenal Sosok Qyara Maharani, Pembawa Bendera Upacara HUT RI IstanaTim Indonesia Tumbuh, Paskibraka yang bertugas menurunkan Bendera Merah Putih saat Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka pada Selasa (17/8/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain Qyara, ada tiga anggota Paskibraka lainnya yang bertugas dalam upacara penurunan bendera sore ini. Mereka adalah M Bimantara Widyanto sebagai Komandan Kelompok 8, yang mewakili Provinsi Sumatra Barat. Bimantara saat ini duduk di SMA 2 Payakumbuh.

Sementara, yang bertugas sebagai pembentang bendera adalah Haafiz Habibullah, mewakili Provinsi Jawa Timur. Sosok lain yang turut bertugas adalah Zaidaan Kamal Anwar sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: [BREAKING] Profil Ardelia Muthia Zahwa, Pembawa Baki Bendera Siswa Jurusan MIPA

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya