Menkes Siapkan 4 Skema Vaksinasi COVID-19 untuk Publik, Apa Saja?

Vaksinasi pedagang di Pasar Tanah Abang boleh untuk lansia

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan, ada empat skema yang disiapkan untuk pelaksanaan vaksinasi publik. Empat skema tersebut diharapkan dapat memperluas dan mempercepat vaksinasi bagi masyarakat.

"Kita imbau untuk mau divaksin biar bisa melindungi diri dan teman-temannya," ujar Budi saat meninjau langsung vaksinasi pedagang di Pasar Tanah Abang hari ini, Rabu (17/2/2021), seperti disiarankan langsung di kanal YouTube Kementerian Kesehatan (Kementrian Kesehatan RI).

Baca Juga: Pedagang Pasar Tanah Abang Vaksinasi COVID Hari Ini, Begini Tahapannya

1. Empat skema vaksinasi publik salah satunya penerima vaksin dapat mendatangi fasilitas layanan kesehatan

Menkes Siapkan 4 Skema Vaksinasi COVID-19 untuk Publik, Apa Saja?Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 untuk Pedagang Pasar Tanah Abang (YouTube.com/Kementerian Kesehatan RI)

Empat skema vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat yakni pertama, penerima vaksin dapat mendatangi fasilitas layanan kesehatan untuk mendapatkan suntikan vaksin.

Kedua, petugas akan mendatangi kantor-kantor atau tempat kerja masyarakat untuk melakukan vaksinasi.

Ketiga, Kementerian kesehatan akan mendatangi lokasi-lokasi keramaian, seperti pasar untuk memberikan vaksinasi, termasuk untuk para pedagang.

Keempat, Kementerian Kesehatan nantinya akan membuat pos-pos sebagai posko yang bisa didatangi masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi.

2. Vaksinasi pedagang di Pasar Tanah Abang boleh untuk lansia

Menkes Siapkan 4 Skema Vaksinasi COVID-19 untuk Publik, Apa Saja?Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendapat vaksinasi COVID-19 pada Rabu (17/2/2021) (Dok. Setwapres)

Menkes Budi mengatakan, tidak ada batasan usia maksimal bagi penerima vaksin di Pasar Tanah Abang.

"Karena alhamdulillah sudah direstui oleh BPOM pastinya bisa diberikan termasuk juga untuk orang lansia, jadi semuanya boleh," ujar Menkes.

Dia juga mengingatkan, hari ini vaksinasi untuk lansia dan petugas publik sudah dimulai. Termasuk juga dijalankan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

3. Vaksinasi pedagang dilakukan di Pasar Tanah Abang

Menkes Siapkan 4 Skema Vaksinasi COVID-19 untuk Publik, Apa Saja?Jokowi meninjau proses vaksinasi Pedagang di Tanah Abang didampingi oleh Menkes BGS dan Gubernur Anies pada Rabu (17/2/2021) (Youtube.com/Kementerian Kesehatan RI)

Pedagang Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, menjalani vaksinasi COVID-19 hari ini, Rabu (17/2/2021). Vaksinasi difasilitasi oleh Kementerian Kesehatan.

Program vaksinasi tahap II ini dilakukan pemerintah kepada mereka yang dianggap rentan terpapar COVID-19.

"Vaksinasi COVID-19 hari ini pemerintah menyasar kurang lebih sekitar 1.500 peserta vaksinasi COVID-19 tahap II," demikian dilaporkan langsung di kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI dari Pasar Tanah Abang.

Vaksinasi dilakukan di dua titik di Pasar Tanah Abang. Pertama di lantai 8 Blok A. Di lokasi ini para pedagang akan menjalani vaksinasi.

Titik selanjutnya di Lantai 12 Blok A Pasar Tanah Abang. Tempat ini akan menjadi lokasi vaksinasi pegawai PD Pasar Jaya.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Pasar Tanah Abang didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga: Pedagang Pasar Tanah Abang Vaksinasi COVID Hari Ini, Begini Tahapannya

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya