Menristek: GeNose C19 Akan Jadi Game Changer Pulihkan Pariwisata

Ada 34 juta lapangan kerja sektor pariwisata terdampak COVID

Jakarta, IDN Times - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro berharap, GeNose C19 sebagai alat deteksi COVID-19 dapat menjadi game changer untuk mendukung kebangkitan sektor pariwisata Tanah Air.

Hal ini disampaikan Menristek saat menyerahkan GeNose C19 kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kepala Baparekraf) Sandiaga Uno.

"Ini akan menjadi game changer dalam rangka kita membangkitkan kembali sektor pariwisata, karena saya percaya sektor ekonomi yang multiplayer efeknya paling besar itu adalah pariwisata," ujar Menristek dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/1/2021) malam.

Baca Juga: Gratis Cek COVID-19 Pakai GeNose di Terminal Pulogebang

1. GeNose diharapkan jadi salah satu solusi pemulihan ekonomi sektor pariwisata

Menristek: GeNose C19 Akan Jadi Game Changer Pulihkan PariwisataPenyerahan GeNose C19 dari Menrisktek/BRIN Bambang Brodjonegoro kepada Menparekraf Sandiaga Uno (Dok. BKKP Kemendristek/BRIN)

Menristek menyampaikan, sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terpukul akibat pandemik COVID-19 di Tanah Air.

Pemulihan ekonomi di sektor ini menurut Bambang perlu segera dilakukan, dengan cara penanganan pandemik COVID-19.

"Sebab banyak sekali sektor yang akan mendapat manfaat dari adanya kegiatan pariwisata," ujar Menristek.

Bambang berharap GeNose C19 dapat jadi salah satu solusi untuk mendorong pemulihan ekonomi di bidang pariwisata.

"Mudah-mudahan GeNose bisa menjadi bagian dari solusi tersebut, atau kata lain dari bahasa kami di Kemenristek/BRIN yaitu inovasi muncul sebagai solusi,” ujar Menristek.

2. Sedikitnya 34 juta lapangan pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terdampak COVID

Menristek: GeNose C19 Akan Jadi Game Changer Pulihkan PariwisataPenyerahan GeNose C19 dari Menrisktek/BRIN Bambang Brodjonegoro kepada Menparekraf Sandiaga Uno (Dok. BKKP Kemendristek/BRIN)

Pada kesempatan yang sama, Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan ada 34 juta lapangan pekerjaan di sektor pairiwsata dan ekonomi kreatif yang terdampak COVID-19. Rinciannya, sekitar 12,9 juta sektor pariwisata dan 17 hingga 18 juta di sektor ekonomi kreatif.

Sandiaga berharap GeNose C19 sebagai langkah awal pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Kita ada 6 PTNP (Perguruan Tinggi Nasional Pariwisata) dan 3 Badan Otorita yang semua satuan kerja di lingkungan yang akan kita pastikan menggunakan GeNose," ujar Sandiaga.

"Harapannya 34 juta masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa segera bangkit," sambung dia.

3. Efektivitas GeNose diklaim mencapai 90 persen

Menristek: GeNose C19 Akan Jadi Game Changer Pulihkan PariwisataMesin GeNose (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Bambang mengatakan, efektivitas GeNose mencapai 90 persen. Sebelum mendapatkan izin edar dari Kemenkes, kata Bambang, telah dilakukan uji validasi dengan banyak sampel.

"Efektivitasnya sangat baik sehingga screening bisa berjalan baik, dan ujungnya kegiatan ekonomi pariwisata bisa mulai berjalan kembali," kata dia.

Baca Juga: GeNose Bakal Dipakai di Area Pariwisata untuk Pulihkan Ekonomi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya