Munarman FPI: Ada 2 Bayi dan 3 Balita di Mobil Rombongan Rizieq 

Rombongan Rizieq disebut hendak menuju ke pengajian keluarga

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Umum FPI Munarman menyebutkan ada dua bayi dan tiga balita dalam rombongan Rizieq Shihab yang dikawal laskar FPI. Diketahui laskar FPI kemudian terlibat bentrok dengan aparat kepolisian di jalan tol Cikampek, Jawa Barat, pada Senin dini hari.

"Saya ingatkan di rombongan itu ada bayi dua orang, ada balita tiga orang," ujar Munarman dalam wawancara di Kompas TV, Senin (7/12/2020) malam.

1. Rombongan Rizieq melakukan perjalanan menuju ke pengajian keluarga

Munarman FPI: Ada 2 Bayi dan 3 Balita di Mobil Rombongan Rizieq Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Munarman menjelaskan tujuan perjalanan rombongan Rizieq Shihab. Hal ini sekaligus menjawab mengenai absennya Rizieq dari panggilan kepolisian yang harusnya dia penuhi, Senin (7/12/2020).

Menurut Munarman, rombongan kala itu tengah menuju ke pengajian keluarga.

"Kan sudah ada komunikasi bahwa beliau sedang dalam pemulihan," ujar Munarman. "Karena itu beliau mengunjungi tempat pengajian keluarga bersama anak dan menantu serta cucunya," lanjut dia.

Namun Munarman menyebutkan nantinya Rizieq akan datang memenuhi panggilan. "Beliau akan datang berdasarkan inisiatif beliau sendiri," ujar dia.

Baca Juga: 6 Jenazah Anggota Laskar FPI Diambil Keluarga ke RS Polri Malam Ini

2. FPI minta polisi buktikan ada peristiwa baku tembak dalam bentrok

Munarman FPI: Ada 2 Bayi dan 3 Balita di Mobil Rombongan Rizieq Juru Bicara FPI Munarman (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Munarman, meminta polisi membuktikan ada aksi tembak-menembak dalam peristiwa bentrok antara anggota kepolisian dengan laskar FPI pada Senin (7/12/2020) dini hari.

"Buktikan! Polisi yang diserang itu yang mana? Kalau ada tembak-menembak berarti kan ada korban juga dari pihaknya kepolisian. Ini kan tidak ada," kata Munarman.

Dia menyebutkan, enam orang Laskar FPI yang tewas dalam kejadian tersebut dibunuh. "Saya kira yang jelas sudah enam orang dibunuh," kata Munarman.

Dia menyebut laskar FPI dalam posisi tidak melawan. Ia juga membantah tudingan polisi yang menyebut laskar FPI memiliki senjata api.

"Kami pastikan FPI dan laskar FPI tidak pernah menggunakan senjata api," kata Munarman.

3. Polisi terlibat bentrok dengan laskar FPI Senin dini hari

Munarman FPI: Ada 2 Bayi dan 3 Balita di Mobil Rombongan Rizieq Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (kedua kanan) bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman (kedua kiri), Karopaminal Divpropam Polri Brigjen Pol Hendra Kurniawan (kiri) dan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyampaikan keterangan pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/12/2020) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran sebelumnya mengatakan aparat kepolisian terlibat bentrok dengan pendukung Pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Jalan Tol Jakarta Cikampek, KM 50 pada Senin (7/12/2020) pukul 00.30 WIB.

"Telah terjadi penyerangan terhadap anggota Polri yang sedang melaksanakan tugas penyelidikan terkait rencana pemeriksaan MRS (Rizieq Shihab) yang dijadwalkan berlangsung hari ini, jam 10.00 WIB," ujarnya di Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Bareskrim Bantu Polda Metro Cari 4 Pengikut Rizieq yang Kabur

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya