Nadiem Makarim: PAUD Paling Ideal Memiliki Guru yang Mencintai Anak

SDM jadi yang paling penting dalam keberlangsungan PAUD

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menyampaikan pendapatnya soal Pendidikan Anak Usia Dini yang ideal. Kecintaan guru kepada murid menjadi aspek penting yang disorot Nadiem untuk membentuk PAUD yang ideal.

Nadiem menyampaikan pandangannya usai meresmikan revitalisasi Gedung Taman Penitipan Anak Mekar Asih KM "0" di Gedung E Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta Selatan, Senin (23/12).

Nadiem didampingi istrinya, Franka Makarim, saat meresmikan TPA Mekar Asih KM "0". Franka bahkan berkesempatan membubuhkan tanda tangannya dalam prasasti peresmian.

Baca Juga: 4 Program Merdeka Belajar ala Nadiem Makarim, UN Resmi Dihapuskan

1. PAUD paling ideal adalah yang memiliki guru-guru yang mencintai anak

Nadiem Makarim: PAUD Paling Ideal Memiliki Guru yang Mencintai AnakPeresmian TPA Mekar Asih KM "0" oleh Mendikbud Nadiem Makarim didampingi Franka Makarim (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Menurut Nadiem, PAUD paling ideal adalah yang benar-benar memiliki guru-guru yang mencintai anak.

Ikatan batin antara guru dan murid, lanjut Nadiem, masih jadi usur paling penting untuk membentuk interaksi yang baik antara orang dewasa di PAUD dengan anak-anak.

"Karena kalau tidak begitu, nanti ujungnya hanya jadi tempat penitipan anak aja. Hanya bermain, tapi tanpa ada kualitas guru yang baik, hubungan kebatinan itu yang penting," kata dia.

2. Tak melupakan pentingmya fasilitas di TPA

Nadiem Makarim: PAUD Paling Ideal Memiliki Guru yang Mencintai AnakMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makariem (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Nadiem tak menutup mata akan pentingnya fasilitas di TPA untuk menunjang program yang akan diberikan kepada anak-anak. Namun, menurut Nadiem, fasilitas dapat dipenuhi setelah sumber daya manusia berupa guru-guru berkualitas telah terpenuhi.

"Setelah itu baru fasilitas seperti buku, mainan, program, apakah ada logika dalam setiap permainan di situ," kata Nadiem. Selain itu, kenyamanan dan keamanan serta udara segar juga menjadi aspek penting yang harus diperhatikan di TPA.

"Tapi kuncinya satu, SDM-nya dulu, itu yang penting," kata Nadiem.

3. Evaluasi Nadiem soal PAUD di Indonesia

Nadiem Makarim: PAUD Paling Ideal Memiliki Guru yang Mencintai AnakMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makariem (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Mendikbud Nadiem Makarim menyatakan, banyak hal yang perlu dibenahi jika berbicara soal TPA atau PAUD. "Dari sisi SDM, fasilitas, kualitas buku," kata Nadiem.

PAUD, lanjut Nadiem, salah satu pendidikan yang tidak bisa dipelajari hanya dari satu buku saja. "Ini Paud suatu proses scientific. Jadi guru-guru harus mencoba aktif untuk bisa engaged anak-anak," kata dia.

Keterikatan batin antara anak dan guru PAUD juga kolaborasi di antara guru-guru PAUD itu sendiri, menjadi hal penting dalam keberlangsungan pendidikan PAUD.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Nadiem Makarim Hingga BTS, 10 Nama Populer Paling Populer di Google

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya