Naik Kelas Jadi Menko PMK, Ini Perjalanan Muhadjir Effendy

Digantikan posisinya oleh Nadiem Makarim di Mendikbud

Jakarta, IDN Times - Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy kembali dipercaya Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk duduk dalam jajaran menterinya. Kali ini, Jokowi meminta Muhadjir menduduki jabatan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, (Menko PMK) di kabinet Indonesia Maju.

Resmi menjabat sebagai Menko PMK pada Rabu (23/10), Muhadjir dilantik Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat bersama sejumlah jajaran menteri lainnya. Berikut perjalanan Muhadjir Effendy yang telah IDN Times rangkum dari sejumlah sumber.

1. Mantan pengganti Anies Baswedan

Naik Kelas Jadi Menko PMK, Ini Perjalanan Muhadjir EffendyIDN Times / Irfan Fathurohman

Pada 2016, Muhadjir dipilih Jokowi untuk duduk di kursi menteri dalam jajaran kabinet Kerja. Kala itu, Muhadjir masuk dalam jajaran kabinet ketika Jokowi melakukan ressuffle kabinet.

Muhadjir dipercaya menjadi pengganti Anies Baswedan yang kala itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Ia lantas menyelesaikan pekerjaannya itu hingga periode pertama pemerintahan Jokowi usai.

Baca Juga: Jadi Menko PMK, Muhadjir Effendy Ngaku Terlanjur Nyaman di Kemdikbud

2. Mantan dosen yang menjadi Menteri Pendidikan RI

Naik Kelas Jadi Menko PMK, Ini Perjalanan Muhadjir EffendyIDN Times/Margith Juita Damanik

Muhadjir memulai kariernya di dunai pendidikan sebagai karyawan honorer di Universitas Muhammadiah Malang. Setelahnya ia menjabat sebagai dosen Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta mengajar di Fakultas Ilmu Pendidikan program studi Pendidikan Luar Sekolah di Universitas Malang.

Muhadjir juga pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) selama tiga periode (2000-2016). Dia juga diketahui tercatat sebagai Guru Besar Soiologi dengan jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan UMM.

Setelahnya, Muhadjir menjadi "bos" dari para guru dan kepala sekolah dengan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

3. Menggantikan Puan Maharani jadi Menko PMK

Naik Kelas Jadi Menko PMK, Ini Perjalanan Muhadjir EffendyIDN Times/Irfan Fathurohman

Kembali terpilih untuk masuk ke jajaran kabinet di periode jilid II Jokowi, Muhadjir kini naik kelas. Ia dipilih mejabat sebagai menteri koordinator, tepatnya bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Muhadjir menggantikan Puan Maharani yang tidak lagi masuk dalam jajaran kabinet Jokowi karena menjabat sebagai Ketua DPR RI. Muhadjir pun diproyeksikan menjalani jabatan sebagai Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dalam lima tahun ke depan.

Baca Juga: Muhadjir Serah Terimakan Jabatan Mendikbud kepada Nadiem Makarim

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya