Comscore Tracker

Obat Melek Literasi Murah dan Mudah Ala Najwa Shihab

Obat murah dan mudah nih dari Najwa

Tangerang, IDN Times - Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab, memberikan tip agar kaum millennials melek literasi dengan cara yang mudah dan murah. Tip tersebut diberikan saat ia menjadi pembicara di acara Indonesia Writer Festival by IDN Times yang berlangsung di Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang pada Jumat (6/9).

"Obatnya yang paling murah dan mudah adalah membiasakan membaca buku. Karena orang membaca buku itu akan terbiasa untuk menunda kesimpulan sampai bab terakhir," kata Najwa.

Najwa mengatakan orang yang suka membaca novel atau buku akan dengan sabar mengikuti bagaimana jalan cerita dan mengikuti plotnya. "Kita akan sabar menunggu sampai kertas terakhir halaman," lanjut dia menceritakan.

Hal ini menurut Najwa melatih untuk tidak cepat menghakimi orang karena akan telaten menerima informasi sampai kemudian menyimpulkan apa yang dinilai benar.

"Membaca itu bukan obat untuk semua, tapi minimal kalau kita senang membaca buku kita akan terlatih untuk lebih telaten memilih dan memilah informasi dan menjadi orang yang kaya perspektif," kata Najwa.

Najwa mengatakan, semakin banyak seseorang membaca, akan menjadi semesta ilmu yang terkumpul di otak orang tersebut.

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2019. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2019 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesia Through Writing ini dilangsungkan pada 6 hingga 7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang.

IWF 2019 sendiri menghadirkan lebih dari 30 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Najwa Shihab, Rosiana Silalahi, Ivan Lanin, Marchella FP, Gina S. Noer, Sheila Timothy, Dewi Lestari, Reza Rahadian, Trinity, Windy Ariestanty, Ayu Utami, Henry Manampiring, Angkie Yudistia dan masih banyak lagi.

Ajang penulisan terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh 5.000-an penggiat dunia literasi dan kreatif. Simak dan ikuti terus perkembangan IWF 2019 di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Najwa Shihab di IWF 2019: Jurnalis Jangan Netral

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya