Pasar Tanah Abang Tutup karena Kerusuhan Mei, Pedagang Rugi Rp8 Juta

Pedagang berharap tidak ada kerusuhan lagi

Jakarta, IDN Times - Pasar Tanah Abang kembali dibuka hari ini, Kamis (23/5). Sejumlah pedagang tampak kembali menjajakan dagangannya seperti sebelum kerusuhan terjadi.

Kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat menjadi salah satu titik kerusuhan pada Rabu (22/5) kemarin. Akibatnya, seluruh toko yang ada di kawasan pusat perdagangan tekstil ini ditutup.

Seorang pedagang celana di Pasar Tanah Abang, Z, mengaku baru membuka lapaknya menjelang siang. Dia tidak berani membuka toko lebih pagi karena masih dilanda sedikit rasa cemas. "Tadi saya bukanya agak siang," kata Z yang menolak namanya disebut.

Menurut Z, seluruh toko di kawasan Tanah Abang tutup pada Rabu kemarin. Jalanan menuju Pasar Tanah Abang juga ditutup.

Gara-gara kerusuhan, Z mengaku rugi hingga Rp8 juta, karena tak bisa menjual satu barang pun. "Biasanya sehari dapat Rp8 (juta), tapi kemarin ya tutup, gak dapat sama sekali," kata Z.

Ia berharap hari ini dan ke depannya kerusuhan tidak terjadi lagi. "Semoga gak (rusuh) lagi. Seram," katanya.

Meski toko-toko sebagian sudah buka, namun kawasan Tanah Abang belum sepenuhnya beroperasi normal. Pasar Raya Tanah Abang, mulai dari Blok A dan Blok B, juga Metro Tanah Abang masih tutup. Tapi kawasan Tanah Abang bagian belakang sudah mulai kembali ramai. Lalu lintas menuju pasar Tanah Abang dari berbagai arah juga terpantau lancar.

Baca Juga: Stasiun Tanah Abang dan Palmerah Kembali Beroperasi

Topic:

  • Sunariyah

Just For You