Pelajar di Luar Negeri Dipanggil Pulang, Nadiem: Negara Butuh Kamu!

Nadiem sebut kemajuan negara bergantung dari SDM nya

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim mengajak seluruh mahasiswa Indonesia yang telah menyelesaikan pendidikannya di luar negeri agar kembali pulang ke tanah air.

"Mohon kembali ke tanah air, negara Indonesia membutuhkan Anda," kata Nadiem seperti dalam keterangan tertulis yang dilansir pada Minggu (6/9/2020).

Hal ini disampaikan Mendikbud dalam sambutan pada Penutupan Simposium Internasional Online Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia secara virtual beberapa waktu lalu.

1. Nadiem imbau seluruh pelajar Indonesia di luar negeri pergunakan kesempatan sebaik mungkin

Pelajar di Luar Negeri Dipanggil Pulang, Nadiem: Negara Butuh Kamu!Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dalam wawancara khusus dengan IDN Times (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Mendikbud mengimbau bagi seluruh pelajar Indonesia di luar negeri untuk menggunakan kesempatan menimba ilmu, pengalaman dan membangun jaringan  selama masa belajar. Dia juga mengimbau agar pelajar Indonesia aktif mengenalkan budaya Indonesia di luar negeri.

Hal ini menurut Mas Menteri, begitu Nadiem akrab disapa, sangat berguna dalam meningkatkan kompetensi diri dan memberikan kontribusi bagi bangsa.

"Gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Setelah itu kembali lah ke tanah air karena besar sekali dampaknya yang teman-teman bisa lakukan untuk Indonesia," kata Mas Menteri.

Baca Juga: Nadiem Ajukan Anggaran Rp1,49 T untuk Digitalisasi Sekolah 2021

2. Ingatkan pelajar Indonesia kemajuan negara bergantung pada SDM

Pelajar di Luar Negeri Dipanggil Pulang, Nadiem: Negara Butuh Kamu!Mendikbud Nadiem Makarim dalam acara Sinergi Pengelolaan Dana BOS dan Dana Desa Berbasis Kinerja (Dok.IDN Times/Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud)

Nadiem mengatakan paradigma kebergantungan dunia terhadap sumber daya alam telah bergeser ke arah sumber daya manusia. Menurut dia seluruh dunia kini menyadari bahwa kunci kemajuan sebuah bangsa terletak pada SDM-nya.

"Kita perlu sadari tanpa kerja cerdas semakin sulit kita mengantar Indonesia pada kemajuan," ucap Nadiem.

Dia juga mengaku bangga atas capaian PPI dunia sebagai perhimpunan terbesar yang ada di luar negeri dan berharap PPI dapat menunjukkan kontribusinya untuk kemajuan Indonesia.

3. Arahan Mendikbud disambut baik PPI

Pelajar di Luar Negeri Dipanggil Pulang, Nadiem: Negara Butuh Kamu!Perhimpunan Pelajar Indonesia (Website/kemdikbud.go.id)

Menyambut arahan Mendikbud, koordinator PPI dunia periode 2019/2020 Fadlan Muzakki turut mengajak rekan-rekannya untuk lebih berkontribusi membangun Indonesia di luar negeri.

"Ketika kita kembali ke Indonesia kita bisa berkolaborasi di dunia yang lebih nyata. Masih ada ikrar bagi teman-teman yang aktif berorganisasi untuk terlibat organisasi yang bersifat sukarela dan profesional sehingga kita bisa makin kreatif dan inovatif," kata Fadlan.

Fadlan juga Mengingatkan rekan-rekannya untuk terus bergandengan tangan membantu membangun Indonesia dan berpikir positif. Dia meminta agar rekan-rekannya tidak terjebak untuk saling caci, memaki dan membenci.

Baca Juga: Ini Persyaratan Subsidi Kuota Internet untuk Mahasiswa dan Dosen

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya