Comscore Tracker

Pemprov DKI Jakarta Bakal Bangun SMK Negeri Berbasis Seni pada 2021

Untuk SMA Negeri, belum ada rencana bangun yang baru di DKI

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana untuk menambah sekolah kejuruan jenjang menegah. SMK baru itu akan fokus untuk bidang kesenian. 

"Rencana di 2021 untuk pembangunan unit sekolah baru itu direncanakan untuk jenjang SMK," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana dalam Rakornas PPDB tahun 2020 yang diselenggarakan Komisi Perlindungan Anak Indonesia KPAI secara virtual lewat aplikasi Zoom pada Rabu (5/8/2020).

1. Belum ada SMK negeri bidang kesenian di wilayah DKI Jakarta

Pemprov DKI Jakarta Bakal Bangun SMK Negeri Berbasis Seni pada 2021ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Hal ini juga dilakukan sebagai perluasan daya tampung siswa lulusan sekolah menengah pertama (SMP). Ketimbang menambah SMA, SMK menjadi prioritas Pemprov DKI Jakarta saat ini.

"Pembangunan unit sekolah baru direncanakan untuk jenjang SMK negeri yang berbasis kesenian," kata Nahdiana. Apalagi SMK bidang seni ini belum ada hingga kini. 

2. Tidak ada rencana penambahan SMA di wilayah DKI Jakarta

Pemprov DKI Jakarta Bakal Bangun SMK Negeri Berbasis Seni pada 2021Ilustrasi Pelajar (SMA) (IDN Times/Mardya Shakti)

Nahdiana juga menyebutkan hingga saat ini, belum ada rencana pembangunan sekolah negeri untuk jenjang lainnya di wilayah DKI Jakarta. Termasuk untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Untuk SMA kami belum ada rencana ke pembukaan SMA Negeri baru," ujar Nahdiana. "Karena kami ingin memberdayakan memang yang ada," lanjut dia.

3. Sebanyak 89 persen pengaduan soal PPDB berasal dari DKI Jakarta

Pemprov DKI Jakarta Bakal Bangun SMK Negeri Berbasis Seni pada 2021Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana (Dok.IDN Times/Margith Juita Damanik)

KPAI dalam evaluasinya menyebutkan 89 persen dari jumlah pengaduan terkait PPDB 2020 berasal dari wilayah DKI Jakarta. DKI menyumbang 200 pengaduan dari total 224 pengaduan yang masuk ke KPAI.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta sendiri menyampaikan daya tampung sekolah negeri di Jakarta memang terbatas. Jenjang SD di wilayah DKI Jakarta mampu menampung 78,42 persen, jenjang SMP dengan prosentase keterserapan di Sekolah Negeri 35, 38 persen, jenjang SMA sebesar 23,11 persen dan tingkat SMK sebesar 19,80 persen.

Topic:

  • Margith Juita Damanik
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya