Penutupan Kantor Kemkominfo Diperpanjang hingga 11 September 2020

Menkominfo jamin Kemenkominfo akan tetap produktif

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate mengumumkan penutupan sementara gedung Kementerian Kominfo akibat penularan COVID-19 akan diperpanjang.

"Penutupan kantor pusat Kominfo diperpanjang sampai tanggal 11 September 2020," kata Johnny dalam audio yang diunggah lewat kanal YouTube Kemkominfo TV pada Sabtu (5/9/2020).

"Dan akan mulai bekerja lagi pada tanggal 14 September 2020. Selanjutnya akan kita terus evaluasi keadaannya," lanjut dia.

1. Menkominfo berkantor di rumah dinas untuk sementara waktu

Penutupan Kantor Kemkominfo Diperpanjang hingga 11 September 2020Menkominfo Johnny G Plate (ANTARA News/Sigid Kurniawan)

Selama kantor pusat Kemkominfo ditutup,  Johnny mengatakan dirinya berkantor di rumah dinas. "Saya sendiri setiap hari tetap berkantor di rumah dinas Widya Chandra dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat," kata Johnny.

Dia mengaku tak bekerja sendiri di rumah dinasnya namun dibantu oleh para staf yang juga disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Kantor pusat Kemkominfo ditutup sejak 28 Agustus 2020 lalu dan karyawan diminta untuk bekerja dari rumah demi memutus penularan COVID-19 di lingkungan kantor Kominfo.

Baca Juga: Pegawai Positif COVID-19, Kantor Kominfo Lockdown Sementara

2. Johnny tegaskan Kemkominfo akan tetap produktif

Penutupan Kantor Kemkominfo Diperpanjang hingga 11 September 2020Menkominfo Johnny G Plate memberikan keterangan pers di Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat 6 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Johnny menegaskan Kemkominfo akan tetap produktif dalam menjalankan tugas dan fungsi pokok kementerian secara optimal. Dia juga mengingatkan bahwa bangsa dan negara meminta agar berfokus untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dan juga membantu menggerakkan ekonomi digital yang dinamis.

"Saya juga menekankan bahwa COVID-19 memang berbahaya namun tidak akan membuat Kominfo melambat," ujar Menkominfo.

"Justru harus mendorong Kominfo semakin akseleratif dan produktif mendukung arahan Presiden Bapak Joko Widodo, kesehatan pulih, ekonomi bangkit," sambung dia.

3. Ajak masyarakat giat menerapkan 3M secara disiplin

Penutupan Kantor Kemkominfo Diperpanjang hingga 11 September 2020Menkominfo Johnny G Plate (Dok. ANTARA News)

Menkominfo juga mengajak agar masyarakat tetap melakukan 3M dengan disiplin. 3M yang dimaksud adalah memakai masker dengan benar setiap keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun secara teratur dan juga menjaga jarak antara satu setengah meter hingga dua meter.

"Ada satu M lagi yang sebetulnya mau saya tekankan yaitu, menjauhi kerumunan yang berpotensi mengeluarkan COVID-19," kata Menkominfo.

Dia mengingatkan kan agar kunjungan ke tempat-tempat ramai yang tidak diperlukan sebaiknya ditunda lebih dahulu. Menjaga semangat dan imunitas juga menurut Johnny menjadi hal terpenting untuk dilakukan.

"Sebisa mungkin perbanyak asupan bernutrisi, berolahraga secara teratur dan senantiasa bersikap optimis. Dan sebagai umat beriman kita hendaknya selalu panjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai iman dan kepercayaan kita masing-masing," kata Johnny.

Dia meyakini dengan menjalankan ini semua maka penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat terputus.

Baca Juga: 30 Pegawai Kementerian Kominfo Positif COVID-19, 17 Dinyatakan Sembuh

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya