Peserta SBMPTN Dua Kali Tes UTBK, Nilai Tertinggi yang Diambil

Hanya satu nilai yang dipakai untuk menentukan penerimaan

Jakarta, IDN Times - Hasil dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang telah dilakukan akan menjadi dasar untuk melakukan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 ini. Tiap peserta diberikan kesempatan untuk mengikuti UTBK sebanyak dua kali.

"Masing-masing punya kesempatan dua kali," kata Kepala Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Prof. Ravik Karsidi ketika dihubungi IDN Times pada hari kedua pendaftaran SBMPTN pada Selasa (11/6).

Diketahui, SBMPTN 2019 telah dibuka pendaftarannya sejak Senin (10/6) lalu.

1. Hanya satu nilai yang dipakai untuk menentukan penerimaan SBMPTN 2019

Peserta SBMPTN Dua Kali Tes UTBK, Nilai Tertinggi yang Diambilpixabay/lecroitg

Mengikuti dua kali UTBK, tiap peserta akan mendapatkan dua hasil UTBK yang tidak menutup kemungkinan akan berbeda hasilnya. Hanya akan ada satu nilai yang dipakai untuk menentukan penerimaan SBMPTN 2019.

Namun, ternyata bukan peserta yang menentukan nilai mana yang akan digunakan untuk menentukan nasibnya.

"(Dipilih) oleh LTMPT. Karena dia (peserta) tidak memasukkan nilainya. Nanti nilai itu sudah ada di data kami," kata Ravik kepada IDN Times.

"Ngapain dia (peserta) milih? Memilihnya kan mesti memilih yang tertinggi juga, gak mungkin memilih yang terendah kan?" imbuhnya.

2. Tidak wajib dua kali ujian

Peserta SBMPTN Dua Kali Tes UTBK, Nilai Tertinggi yang DiambilIDN Times/Istimewa

Menurut Ravik, tidak semua peserta diwajibkan untuk mengikuti UTBK sebanyak dua kali meski ada dua kali kesempatan tes yang diberikan oleh LTMPT.

"Tapi ada yang tidak menggunakan dua kali juga," jata Ravik. UTBK dilaksanakan sebanyak dua kali bukan tanpa alasan.

"Memberi kesempatan kalau katakanlah nilainya kurang bagus, ya belajar lagi. Harapannya begitu," kata Ravik. "Sehingga kita nanti nilai yang tertinggi yang kita pakai," tambah dia.

Baca Juga: Bagaimana Cara Daftar SBMPTN 2019? Simak Disini!

3. Tidak ada passing grade

Peserta SBMPTN Dua Kali Tes UTBK, Nilai Tertinggi yang DiambilIDN Times/Irfan Fathurohman

Ravik menegaskan tidak ada passing grade yang dikuarkan oleh LTMPT untuk SBMPTN 2019 ini. Sistem yang digunakan adalah sistem kuota dari tiap program studi dan tiap Universitas yang nantinya menerima mahasiswa baru berdasarkan peringkat penerimaan.

Ravik mengimbau agar peserta SBMPTN 2019 tidak mempercayai informasi prediksi passing grade yang beredar luas di media sosial.

"Jadi kalau di media sosial ada yang mengumumkan prediksi-prediksi passing grade itu, jangan dipercaya," kata Ravik.

4. Pendaftaran dibuka sampai 24 Juni 2019

Peserta SBMPTN Dua Kali Tes UTBK, Nilai Tertinggi yang DiambilIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Pendaftaran SBMPTN dibuka selama dua pekan. Hal ini sengaja dilakukan agar peserta dapat mempersiapkan diri dan administrasi dengan matang.

Pendaftaran SBMPTN akan ditutup pada Senin (24/6) mendatang. Sedangkan pengumumannya akan dilakukan secara online pada 9 Juli 2019 mendatang.

Baca Juga: Dua Hari Dibuka, 120 Ribu Peserta Daftar SBMPTN 

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya