Pidatonya Dianggap Singgung Warga Tanjung Priok, Yasonna Minta Maaf

Yasonna sampaikan terima kasih atas teguran warga

Jakarta, IDN Times - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly akhirnya meminta maaf atas pidatonya yang dianggap menyinggung warga Tanjung Priok.

Yasonna berpidato di acara bertajuk "Resolusi Pemasyarakatan 2020" di Lapas Narkotika Kelas IIA Jatinegara, Jakarta Timur pada Kamis (16/1) lalu.

Dalam pidato kala itu, Yasonna menyebut kemiskinan adalah sumber tindak kriminal. Dia mencontohkan, anak yang lahir dari kawasan Tanjung Priok yang terkenal keras dan Menteng yang terkenal sebagai kawasan elite, akan tumbuh besar dengan cara berbeda.

"Slum areas (daerah kumuh) bukan di Menteng. Anak-anak Menteng tidak. Tapi coba pergi ke Tanjung Priok, di situ ada kriminal, lahir dari kemiskinan," kata Yasonna saat itu.

Baca Juga: Warga Tanjung Priok Protes Kemenkumham Yasonna Laoly, Kenapa?

1. Yasonna menyampaikan permohonan maafnya

Pidatonya Dianggap Singgung Warga Tanjung Priok, Yasonna Minta MaafMenkumham Yasonna Laoly (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Karena diprotes warga Tanjung Priok, pada Rabu (22/1), Yasonna menyampaikan permohonan maafnya. 

"Bahwa kemudian ternyata itu berkembang dengan penafsiran yang berbeda di media massa dan publik luas, sehingga saudaraku merasa tersinggung, maka saya menyampaikan permohonan maaf," kata Yasonna seperti dikutip dari Antara.

2. Diduga ada pihak yang memelintir pernyataannya dan menimbulkan kesalahpahaman

Pidatonya Dianggap Singgung Warga Tanjung Priok, Yasonna Minta MaafMenteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Yasonna mengatakan, tak punya maksud menyinggung perasaan warga Tanjung Priok. Dia hanya ingin menjelaskan bahwa kejahatan merupakan produk sosial, dan ingin meminta masyarakat agar turut serta memperbaiki kondisi-kondisi sosial yang memicu timbulnya kejahatan.

Yasonna juga menyayangkan ada pihak yang memelintir pernyataannya dan menimbulkan kesalahpahaman. "Saya merasa ada hal-hal yang dipelintir, sehingga ada kerancuan informasi yang sampai kepada publik, sehingga menimbulkan perbedaan pendapat," kata Yasonna.

"Ada orang-orang tertentu yang tidak memahami secara utuh, tidak melihat utuh," lanjut dia.

3. Yasonna sampaikan terima kasih kepad warga Tanjung Priok

Pidatonya Dianggap Singgung Warga Tanjung Priok, Yasonna Minta MaafIDN Times/Debbie Sutrisno

Yasonna juga menyampaikan terima kasih kepada warga Tanjung Priok yang telah bersedia mengingatkan kesalahannya. Dia berharap permintaan maaf ini dapat menyatukan hati kembali sebagai anak bangsa.

"Mudah-mudahan saya akan mencari waktu yang pas untuk bersilaturahmi dengan saudara-saudaraku di Tanjung Priok," kata Yasonna.

Sebelumnya pada Rabu siang, ratusan warga Tanjung Priok mendatangi Gedung Kemenkumham untuk memprotes pernyataan Yasonna itu. Mereka menamakan aksinya, "Aksi #221 Priok Bersatu".

Mereka mendesak Menkumham Yasonna Laoly meminta maaf atas pernyataannya kepada warga Tanjung Priok dalam waktu 2x24 jam.

Baca Juga: Sempat Macet Saat Aksi Tanjung Priok, Jalan Rasuna Said Kembali Normal

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya