Comscore Tracker

Polwan Bantu Pemulihan Anak Korban Longsor di Sukabumi 

15 orang masih dalam pencarian

Jakarta, IDN Times - Kepolisian Resor Sukabumi menerjunkan polisi-polisi wanita untuk membantu anak-anak korban longsor yang melanda Kampung Garehong, Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kabupaten Sukabumi, pada 31 Desember 2018.

1. Memulihkan mental anak-anak korban longsor

Polwan Bantu Pemulihan Anak Korban Longsor di Sukabumi IDN Times/Irfan Fathurohman

Para Polwan tersebut mengadakan berbagai aktivitas bersama dengan anak korban longsor. Dilansir dari Antara, para polwan bermain dan bernyanyi bersama serta melakukan aktivitas menggambar dan mewarnai bersama anak-anak.

"Ini bertujuan untuk memulihkan mental dan kondisi psikologis mereka yang terpuruk pascabencana," kata anggota Polwan Polres Sukabumi, Brigadir Lia Dahlia, di Sukabumi, Jumat (4/1) dikutip dari Antara.

Baca Juga: Tertimbun Longsor, Seorang Bayi Ditemukan Masih Bernyawa

2. Kondisi trauma anak-anak korban longsor

Polwan Bantu Pemulihan Anak Korban Longsor di Sukabumi IDN Times/Irfan Fathurohman

Di antara anak-anak yang menjadi korban longsor, beberapa diketahui telah kehilangan orangtua. Ada yang orangtuanya diketahui telah meninggal dunia, ada pula yang orangtuanya hilang saat longsor melanda Sukabumi pada 31 Desember 2018 silam.

Upaya pemulihan trauma diharapkan dapat mengurangi duka dan kesedihan mereka yang kehilangan orangtua maupun tempat tinggal.

"Kami terus pantau aktivitas anak korban bencana ini, kebanyakan dari mereka kurang nafsu makan sehingga bisa mempengaruhi kesehatannya. Maka dari itu, program seperti ini akan terus dilakukan agar si anak tidak terus terpuruk," kata Brigadir Lia.

3. Program pemulihan trauma tak hanya untuk anak-anak

Polwan Bantu Pemulihan Anak Korban Longsor di Sukabumi IDN Times/Irfan Fathurohman

Program pemulihan trauma tak hanya diperuntukan bagi anak-anak korban longsor. Pihak Kepolisian juga menjalankan program pemulihan trauma pada warga terdampak bencana.

Dilansir dari Antara, Kepala Polres Sukabumi AKBP Nasriadi mengatakan selain mengerahkan anggota untuk membantu pemulihan trauma korban bencana, kepolisian mengerahkan 364 personel gabungan dan alat berat untuk mencari korban yang belum ditemukan dan mengevakuasi mereka.

4. Ada korban hilang

Polwan Bantu Pemulihan Anak Korban Longsor di Sukabumi IDN Times/Irfan Fathurohman

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada Jumat (4/1) ada sejumlah korban yang dinyatakan hilang dari bencana longsor tersebut.

Tercatat dari 100 orang yang terdampak longsor ada 64 orang selamat, 18 orang meninggal dunia, 3 orang luka berat, dan 15 orang masih dalam pencarian.

Baca Juga: Kronologi Longsor Sukabumi, Bukit Retak Sejak 24 Desember

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya