Presiden Jokowi Akan Resmikan Bendungan Tukul di Pacitan Hari Ini

Bendungan Tukul diharapkan dapat membantu ekonomi lokal

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan meresmikan Bendungan Tukul hari ini, Minggu (14/2/2021). Bendungan Tukul berlokasi si Desa Tukul, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

"Kepala Negara bersama rombongan terbatas lepas landas menuju Pangkalan TNI AU Adisutjipto, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma," demikian keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (14/2/2021).

Sekretariat Presiden juga menyebutkan, Jokowi akan melanjutkan perjalanan dari Sleman menuju lokasi peresmian Bendungan Tukul dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Baca Juga: Jokowi Minta Masyarakat Kritik Pemerintah, Begini Reaksi JK

1. Bendungan Tukul merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN)

Presiden Jokowi Akan Resmikan Bendungan Tukul di Pacitan Hari IniIlustrasi bendungan. Dok. Istimewa / WIjaya Karya (WIKA)

Disebutkan, Bendungan Tukul merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Bendungan ini dibuat untuk menambah kapasitas tampungan air di wilayah sekitarnya.

Diharapkan dengan adanya bendungan ini, suplai air irigasi akan tetap terjaga.

2. Diharapkan dapat membantu ekonomi masyarakat setempat

Presiden Jokowi Akan Resmikan Bendungan Tukul di Pacitan Hari IniPresiden Joko Widodo akan meresmikan Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur (Instagram.com/jokowi)

Dalam unggahan di akun Instagramnya, @jokowi, Presiden Jokowi memaparkan kegunaan dari Bendungan yang jadi PSN ini.

"Bendungan ini akan menjadi sumber air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang akan menumbuhkan ekonomi di kawasan sekitarnya," tulis Jokowi dalam unggahannya.

Turut serta dalam kunjungan kerja tersebut di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto.

3. Bendungan Tukul punya daya tampung 8,68 juta meter kubik air

Presiden Jokowi Akan Resmikan Bendungan Tukul di Pacitan Hari IniIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Bendungan Tukul merupakan infrastruktur yang dibangun dengan menggunakan APBN yang nominalnya lebih dari Rp900 miliar.

Sebelum dioperasionalkan, bendungan yang memiliki daya tampung 8,68 juta meter kubik air itu diisi sejak beberapa waktu terakhir.

Adapun air yang masuk berasal dari hulu Sungai Grindulu di wilayah Kecamatan Tegalombo beserta sejumlah anakan sungai terbesar di Pacitan itu.

Baca Juga: Basuki Hadimuljono: Bendungan Margatiga Ditarget Selesai Akhir 2021

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya