Comscore Tracker

PT KAI Adakan Rail Blogger Contest untuk Milenial, Ini Cara Ikutnya 

Hadiahnya jutaan rupiah, juga ada golden ticket.

Jakarta, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Persero bekerja sama dengan IDN Media mengadakan kompetisi menulis blog. Rail Blogger Contest, demikian nama kompetisi itu, diadakan untuk memberi ruang bagi para blogger berbagi cerita tentang pengalaman menggunakan kereta api.

Rail Blogger Contest diadakan mulai Oktober hingga November 2018. Para pemenang berkesempatan mendapat hadiah jutaan rupiah.

Seperti apa Rail Blogger Contest? Simak cara ikutnya berikut ini: 

Baca Juga: PT KAI Daop Madiun Tambah Satu Kereta Singasari Rute Blitar-Jakarta

1. Isi tulisan tentang pengalaman menarik menggunakan kereta api

PT KAI Adakan Rail Blogger Contest untuk Milenial, Ini Cara Ikutnya IDN Times/Margith Juita Damanik

Kereta api menjadi salah satu moda transportasi yang banyak dipilih oleh masyarakat, khususnya milenial saat ini. Bukan hanya karena harga tarifnya yang sangat terjangkau, tapi juga karena moda transportasi yang satu ini bebas macet. 

Untuk semakin mendekatkan kereta api dengan penggunanya, PT KAI dan IDN Media bekerja sama mengadakan lomba menulis blog bagi para blogger tentang pengalaman naik kereta api atau Rail Blogger Contest

"(PT KAI) ingin tahu apa saja cerita menarik tentang pengalaman naik kereta api," kata Vice President Passanger Marketing PT KAI (Persero) Raden Agus Dwinanto Budiadji, saat memberi keterangan pers di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (16/11) pagi.

Raden Agus Dwinanto Budiadji yang akrab disapa Bobby mengingatkan, cerita tidak hanya sebatas soal stasiun ataupun kereta. Tapi juga dari sudut pandang yang luas. 

"Kereta api bukan hanya mengantar orang dari titik A ke titik B, tapi banyak cerita disana," kata dia.

2. Alasan memilih blogger

PT KAI Adakan Rail Blogger Contest untuk Milenial, Ini Cara Ikutnya IDN Times/Margith Juita Damanik

Mengapa memilih blogger? Manager Digital Strategis IDN Media Petra Anderson mengaku sengaja lebih memilih blogger daripada vlogger agar kontes ini dapat diikuti oleh banyak orang.  

"Kita ingin buka kesempatan supaya sebanyak-banyaknya orang bisa ikut berpartisipasi. Kan blogger lebih mudah," kata Petra, Jumat (16/11).

Menurut Petra, masyarakat masih kerap mencari review tentang sesuatu dari artikel atau tulisan. Hal itu juga membuat IDN Media lebih memilih blogger. 

"Bisa cerita. Lebih deskriptif, detail," tambahnya.

3. Cara ikut Rail Blogger Contest

PT KAI Adakan Rail Blogger Contest untuk Milenial, Ini Cara Ikutnya IDN Times/Margith Juita Damanik

Meski ditujukan bagi blogger, kompetisi ini terbuka untuk umum. Syarat dan ketentuan yang berlaku juga tak sulit. Peserta yang berminat dapat mendaftar dan bergabung ke IDN Times community writers.

"Peserta boleh mengirim maksimal 4 tulisan. Minimal 500 kata dengan format listicle," kata Petra.

Bagi tulisan yang dinilai paling menarik, PT KAI menyiapkan hadiah jutaan rupiah bagi para pemenang. Dari seluruh yang ikut, akan dipilih 30 peserta terbaik untuk mendapatkan akomodasi transportasi pulang pergi untuk mengikuti Workshop bersama PT KAI dan IDN Media di Cirebon.

Juga akan dipilih 10 peserta terbaik untuk mendapatkan golden ticket dari PT KAI, dimana tiket emas itu dapat digunakan kemana saja bersama PT KAI. 

Sementara tiga pemenang utama mendapatkan masing-masing hadiah uang sebesar Rp 8 juta bagi pemenang pertama, Rp 5 juta bagi pemenang kedua, dan Rp 3 juta bagi pemenang ketiga.

4. Eksplore tempat wisata baru bersama PT KAI

PT KAI Adakan Rail Blogger Contest untuk Milenial, Ini Cara Ikutnya Dok. Pribadi

Menurut Bobby, kontes ini diadakan karena PT KAI juga ingin menunjukkan banyak tempat wisata baru bagi para penumpang. 

"Banyak tempat wisata yang belum tereksplor. Maka kita bantu kenalkan dengan perjalanan menggunakan kereta wisata," kata Bobby.

Selain itu, masyarakat juga bisa menikmati layanan istimewa dengan armada kereta wisata baru yang dimiliki PT KAI. Cerita seru dibalik pengalaman perjalanan bersama PT KAI inilah yang diharapkan bisa dikisahkan dalam bentuk tulisan, di Rail Blogger Contest ini.

5. PT KAI percaya pada IDN Media

PT KAI Adakan Rail Blogger Contest untuk Milenial, Ini Cara Ikutnya ANTARA FOTO/Reno Esnir

PT KAI mengaku memilih bekerja sama dengan IDN Media untuk mengadakan kontes ini karena dinilai sebagai media populer saat ini. 

"IDN Media itu kan media yang populer ya. Juga media yang profesional. Kami merasa cocok bekerja sama dengan IDN Media," kata Bobby membeberkan alasan PT KAI memilih IDN Media. "Ini kolaborasi yang sangat baik," tambah dia.

Kepercayaan PT KAI kepada IDN Media membuat Bobby yakin, kolaborasi ini akan menjadi kolaborasi yang menarik. 

Baca Juga: Gebrakan Terbaru PT KAI, Ini 5 Fakta tentang Argo Muria Festival

Topic:

  • Sunariyah

Just For You