Ramai APBD Rp9 M untuk Museum SBY di Pacitan, Demokrat: Buzzer Ngamuk

SBY disebut tak pernah minta dan untuk museum

Jakarta, IDN Times - Wacana pembangunan Museum dan Galeri SBY-ANI kini tengah ramai menjadi perbincangan publik. Sebab, anggaran pembangunan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pacitan senilai Rp9 miliar.

Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan menanggapi wacana pembangunan museum tersebut. Dia menganggap wacana ini menjadi kontroversial karena tak lain ulah buzzer atau pendengung, sebab dana pembangunan museum sudah sesuai mekanisme.

"Semua melalui mekanisme yang benar dan terbuka. Kegelisahan buzzer yang mengamuk atas persoalan ini hanya pesanan, as ussualy," ujar Hinca kepada IDN Times, Kamis (18/2/2021).

Baca Juga: AHY Sebut Kudeta Partai Demokrat Masih Terjadi Sampai Hari Ini

1. Hinca menegaskan SBY tidak pernah meminta bantuan dana sepeser pun

Ramai APBD Rp9 M untuk Museum SBY di Pacitan, Demokrat: Buzzer NgamukIDN Times/Irfan Fathurohman

Hinca menegaskan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY tidak pernah meminta dana kepada Pemerintah Provinsi maupun Pemkab Pacitan, untuk pembangunan museum.

"Bantuan yang diserahkan Pemprov Jatim adalah bantuan keuangan khusus kepada Pemkab Paciran, untuk pembangunan Museum SBY-Ani," ujar Hinca dalam cuitannya di Twitter, Rabu, 17 Februari 2021.

Lewat akun Twitternya, @hincapandjaitan, Hinca menyebutkan, pembangunan Museum SBY tak lain inisiatif Pemprov Jatim untuk menggenjot pariwisata di Jatim.

"Tak ada sedikit pun permintaan dari pihak Bapak SBY, ini murni kepedulian Pemprov dalam rangka mendukung sektor pariwisata," ujar Hinca.

2. Alasan Pemkab Pacitan dukung pembangunan Museum SBY-Ani

Ramai APBD Rp9 M untuk Museum SBY di Pacitan, Demokrat: Buzzer NgamukTwitter/@SBYudhoyono

Dalam keterangan, Hinca mengatakan, Bupati Pacitan Indartato sudah angkat bicara soal dana hibah yang diduga bersumber dari APBD yang diberikan kepada Yudhoyono Foundation.

Indartato menyebutkan dukungan diberikan dengan harapan Museum dan Galeri SBY-Ani dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, khususnya dalam sektor pariwisata di wilayah Pacitan.

"Lihatlah, sekali pun banyak data sahih tersaji, mereka tidak akan peduli, karena tugas buzzer hanya menciptakan panasnya narasi lalu kemudian lenyap dan pergi," ujar Hinca.

3. Sedikit fakta soal Museum SBY-Ani di Pacitan

Ramai APBD Rp9 M untuk Museum SBY di Pacitan, Demokrat: Buzzer Ngamukinstagram.com/aniyudhoyono

Sementara, berdasarkan sejumlah sumber, Museum SBY-Ani ditargetkan selesai pada Maret 2021, setelah peletakan batu pertama dilakukan pada Februari 2020.

Dalam Museum dan Galeri SBY-Ani, nantinya rekam jejak kehidupan SBY akan disuguhkan. Bukan hanya soal karier, namun juga kehidupan pribadinya.

Mulai dari kisah masa kecil hingga menjadi orang nomor satu di Indonesia. Museum dan galeri ini didirikan dengan menggabungkan unsur edukasi dan rekreasi.

Baca Juga: Cuitan di Twitter Dianggap Hina SBY dan AHY, Guru Besar USU Dilaporkan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya