Comscore Tracker

Redam Kerusuhan Manokwari, Komnas HAM Dialog dengan Papua Barat

Kondisi Manokwari saat ini mencekam

Jakarta, IDN Times - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) melakukan pemantauan dan dialog dengan sejumlah pihak. Hal ini dilakukan untuk menenangkan kondisi di Papua yang sedang memanas.

Kerusuhan terjadi di ibu kota Provinsi Papua Barat, Manokwari, Papua Barat pada Senin (19/8). Dari informasi yang didapatkan IDN Times, jalan-jalan di kawasan Manokwari telah diblokir massa, hingga kondisi lalu lintas lumpuh.

"Tim kami dari perwakilan Komnas HAM Papua sedang memantau dan berdialog ke berbagai pihak termasuk pihak kepolisian dan pemerintah daerah Papua dan Papua Barat agar menjaga kondusivitas, meredam ketegangan agar aksi massa tidak semakin meluas," kata Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik kepada IDN Times pada Senin (19/8).

Warga Papua melakukan aksi turun ke jalan hingga melakukan pembakaran terhadap Gedung DPRD Papua. Hal ini disebut-sebut dipicu kejadian pengepungan Asrama Papua di Surabaya yang terjadi pada Sabtu (17/8).

"Kami juga meminta evaluasi atas tindakan berlebihan dari aparat kepada mahasiswa asal Papua yang berada di Surabaya dan Malang," ujarnya.

Baca Juga: Massa Blokir Jalan dan Bakar Ban, Lalu Lintas Manokwari Lumpuh

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya