Roy Suryo Soroti Bocornya Data Pengguna Kartu Prabayar

Roy mengatakan harus ada perbaikan sistem

Jakarta, IDN Times - Kebocoran data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga menjadi perbincangan hangat. Masyarakat sebelumnya diimbau oleh Kominfo untuk mendata kartu telepon prabayarnya dengan mengirimkan NIK dan Nomor Kartu Keluarga kepada operator yang digunakan.

Roy Suryo, selaku anggota Komisi I DPR RI yang hari ini mengadakan rapat dengar pendapat umum dengan Menteri Komunikasi dan Informasi serta Jajaran petinggi operator seluler, turut bersuara.

1. Kaget dengan adanya perbedaan angka yang besar

Roy Suryo Soroti Bocornya Data Pengguna Kartu Prabayarplay.google.com

Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara menyampaikan paparannya terkait dengan registrasi kartu prabayar. Ia juga memaparkan jumlah pelanggan yang sudah melakukan registrasi yang sudah ditutup sejak tanggal 28 Februari 2018 silam.

Data yang dipaparkan oleh Rudiantara berasal dari catatan milik operator dan juga milik dukcapil. Data yang diungkapkan membuat Roy Suryo merasa kaget. 

Menurut catatan data dukcapil, terdapat lebih dari 350 juta pelanggan yang sudah melakukan registrasi. Di sisi lain, menurut total data dari operator terdapat lebih dari 304 juta pelanggan yang sudah melakukan registrasi. Terdapat kurang lebih 45 juta selisih pelanggan dari kedua catatan tersebut.

Baca juga: Rudiantara: Perangi Isu SARA di Pilkada, Bawaslu di Garda Terdepan

2. Usulkan adanya mekanisme checking

Roy Suryo Soroti Bocornya Data Pengguna Kartu Prabayarplay.google.com

Roy Suryo mengatakan dengan perbedaan selisih data yang sangat besar, perlu ditelaah kembali sistem yang digunakan oleh Menkominfo dalam menangani registrasi data pelanggan seluler.

Mekanisme checking yang dimaksud adalah untuk kebaikan pelanggan sendiri. Operator diharapkan memberikan konfirmasi kepada masyarakat terkait nomor-nomor yang sudah terdaftar berdasarkan NIK pelanggan.

Dengan harapan, masyarakat juga dapat proaktif mengetahui apakah data dirinya digunakan oleh orang lain atau tidak. Juga demi menjaga keselamatan data pelanggan.

3. Usulkan perbaikan sistem yang digunakan

Roy Suryo Soroti Bocornya Data Pengguna Kartu Prabayarlovekarawang.blogspot.co.id

Roy berpendapat bahwa ada ketidaksempurnaan dari sistem yang selama ini digunakan dan merasa harus segera diperbaiki demi kenyamanan dan keamanan pelanggan. "Seperti kita menggunakan komputer tapi seperti mesin tik. Ga ada checking dan re-checking," kata Roy memberi perumpamaan.

Menurutnya sistem perlu diubah agar masyarakat juga mendapatkan data yang lebih detail. "Kita memang harus repot," kata Roy 

Baca juga: Cara Unik Google Perkenalkan Fitur Terbaru Mereka

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya