Saat Open House, Jokowi Hampiri Warga di Luar Istana

Ada yang histeris, ada yang minta selfie

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengadakan Open House di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Rabu (5/6) yang merupakan lebaran hari pertama 2019. Didampingi ibu negara, Iriana Widodo, istana terbuka untuk masyarakat dari seluruh kalangan.

Usai bersalaman dengan kepala lembaga pemerintahan dan duta besar perwakilan negara-negara sahabat, Jokowi menyalami masyarakat. Tak hanya yang berkesempatan masuk ke Istana, namun juga yang menunggu di tenda.

Baca Juga: Open House di Istana, Keluarga Jokowi Tidak Full Team

1. Sejumlah pejabat negara tampak hadir

Saat Open House, Jokowi Hampiri Warga di Luar IstanaIDN Times/Margith Juita Damanik

Sejumlah pejabat negara tampak hadir dalam Open House di Istana Negara pagi ini, Rabu (5/6). Mulai dari Ketua MPR Zulkifli Hasan, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, juga tak ketinggalan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir dalam acara silaturahmi dan halalbihalal di Open House Istana Negara.

Tampak juga sejumlah menteri kabinet Jokowi. Mulai dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri BUMN Rini Soemarno bersama keluarga, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, juga Menteri PAN-RB Syafruddin yang ikut mengantre bersalaman dengan Jokowi.

2. Duta besar juga turut hadir dan mengantre

Saat Open House, Jokowi Hampiri Warga di Luar IstanaIDN Times/Margith Juita Damanik

Usai menyalami rombongan pejabat negara atau kepala lembaga pemerintahan, barisan disusul dengan antrean para duta besar atau perwakilan dari negara-negara tetangga.

Satu per satu, setiap perwakilan negara sahabat menyalami Jokowi dan Iriana. Keduanya juga merespons dengan mengucapkan terima kasih kepada perwakilan negara sahabat yang hadir.

3. Mengantre bersama warga

Saat Open House, Jokowi Hampiri Warga di Luar IstanaIDN Times/Margith Juita Damanik

Baik pejabat negara, menteri, hingga perwakilan duta besar negara-negara mengantre bersama warga masyarakat yang hadir di Istana Negara.

Open House ini memang juga dibuka untuk seluruh masyarakat yang berkenan hadir. Acara Open House semula diagendakan akan berakhir pukul 12.00 WIB.

Antusiasme masyarakat terasa di Istana Negara. Beberapa bahkan mengantre dari Monas, yang menjadi titik kumpul sejak pukul 05.00 WIB.

4. Jokowi menghampiri warga

Saat Open House, Jokowi Hampiri Warga di Luar IstanaIDN Times/Margith Juita Damanik

Sekitar pukul 11.00 WIB, Jokowi memutuskan untuk keluar dari Istana Negara. Jika sebelumnya masyarakat yang masuk satu per satu ke dalam istana, kali ini Jokowi yang menghampiri masyarakat untuk bersalaman.

Antrean masyarakat mengular di tenda yang terletak di halaman Istana Negara. Jokowi menyalami masyarakat dengan pengawalan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Sontak, sejumlah masyarakat histeris begitu melihat Jokowi menuruni anak tangga dari Istana Negara. Setelah menyalami warga, terlihat warga yang meminta Jokowi berswafoto bersama dan seperti biasa, ajakan tersebut diamini oleh Jokowi.

Baca Juga: Suster Patrisia, dari Bandung untuk Bertemu dan Minta Maaf pada Jokowi

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya