Comscore Tracker

SBY Disebut Dalang Demo, Benny K Harman: Pemerintah Produser Hoaks

Benny menyayangkan sikap pemerintah

Jakarta, IDN Times - Politikus Partai Demokrat Benny K Harman mengatakan pemerintah bisa disebut produsen hoaks, jika tidak memberikan klarifikasi terkait nama Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang disebut-sebut sebagai dalang kerusuhan demonstrasi menolak Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker).

Benny menyayangkan sikap pemerintah yang justru dinilai seolah membiarkan isu tersebut bergulir.

"Kalau pemerintah tidak menjelaskan siapa yang dimaksudkan dengan dalang atau yang membiayai, maka sebetulnya pemerintah ini adalah produser hoaks paling besar, menciptakan hoaks, pabrik hoaks, lalu menyebarluaskan," ujar Benny dalam tayangan Mata Najwa di Trans 7, Rabu malam (14/10/2020).

Baca Juga: Soal UU Ciptaker, Benny K Harman Demokrat: Kita Menyetujui RUU Hantu

1. Benny sebut pemerintah membiarkan isu bergulir bahwa SBY sebagai dalang demonstrasi

SBY Disebut Dalang Demo, Benny K Harman: Pemerintah Produser Hoaks(Benny K Harman) ANTARA Foto/Prasetyo Utomo

Benny menjelaskan awal mula nama SBY dikait-kaitkan dengan isu aktor atau pun dalang demonstrasi menolak UU Cipta Kerja. Menurut dia, bermula dari pemerintah yang menuding aksi demonstrasi pada 8 Oktober 2020 diduga ada yang mendalangi dan menggerakkan serta membiayai.

Menurut Benny, pemerintah sendiri tidak jelas menyebutkan siapa aktor aktor yang dimaksud.

"Lalu pada saat yang bersamaan beredar luas di media sosial yang secara tegas menyebut nama bapak Presiden ke-6,"  ujar Benny. "Lalu negara membiarkan," sambung dia.

Benny menyayangkan sikap pemerintah yang seolah membiarkan isu adanya keterlibatan SBY dengan demonstrasi 8 Oktober 2020. Menurut dia publik tidak dapat disalahkan jika akhirnya mempunyai pandangan bahwa pemerintah bisa bertujuan ke SBY.

"Oleh sebab itu kita butuh penjelasan, kita butuh klarifikasi," ujar dia, yang pada saat pengesahan UU Ciptaker walk out.

2. Mahfud MD: Pemerintah tidak sebut sebagai SBY dalang demonstrasi

SBY Disebut Dalang Demo, Benny K Harman: Pemerintah Produser HoaksPresiden keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (YouTube/Sekretariat Presiden)

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengaskan, tidak ada nama Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam daftar aktor-aktor yang diduga sebagai dalang di balik unjuk rasa menolak UU Cipta Kerja yang dilakukan sejumlah elemen masyarakat baru-baru ini.

"Kita tahu aktor-aktor, ada nama-namanya. Gak ada nama Pak SBY di situ," ujar Mahfud dalam kesempatan yang sama. "Saya ikut rapat itu di dalam," ujar dia, lagi.

3. Mahfud menyarankan agar pihak yang merasa dirugikan melapor kepada pihak berwajib

SBY Disebut Dalang Demo, Benny K Harman: Pemerintah Produser HoaksMenkopolhukam, Mahfud MD (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Mahfud mengklaim tidak pernah sekali pun pemerintah menyebut nama SBY terkait dengan aktor-aktor yang dinilai sebagai dalang atau penyokong dana demonstrasi yang terjadi belakangan.

"Pemerintah tidak pernah menyebut nama Pak SBY," ujar Menko Polhukan. Dia juga menegaskan pemerintah sudah memegang daftar nama orang-orang yang diduga sebagai dalang demonstrasi.

Lebih lanjut, Mahfud, menyebutkan pihak yang merasa dirugikan atas isu tersebut bisa saja melaporkan isu dan sumber media sosial yang menyebarkan.

"Lapor aja yang merasa dirugikan," ujar mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Baca Juga: Dituding Sponsori Demo Tolak UU Cipta Kerja, Ini Respons Demokrat

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya