Simona Adakan Program Untuk 11 Startup Dengan Founder Perempuan

Dukung terus pemberdayaan ekonomi perempuan

Jakarta, IDN Times - Sebagai perusahaan modal ventura, Simona Ventures tengah berjuang untuk menyediakan akses dan peluang pemberdayaan bisnis serta inisiatif, dengan tujuan yang lebih spesifik, yaitu memecahkan tantangan kesenjangan gender di dunia startup, khususnya di Asia Pasifik.

Untuk itu, salah satu langkah awal yang dilakukan Simona Ventures adalah mempersembahkan program APAC Women Founders Accelerator, yang dijelaskan dalam konferensi pers pada Selasa (19/3), di kawasan Jakarta Pusat.

Lewat program ini, diharapkan hadir sosok-sosok pendiri dan pemimpin perempuan di industri teknologi.
 

1. Ada 11 startup terpilih

Simona Adakan Program Untuk 11 Startup Dengan Founder PerempuanUNSPLASH/Franck V

Bekerja sama dengan Digitaraya, akselerator startup di Indonesia, program ini didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Google for Startup.

Program APAC Women Founders Accelerator akan diikuti oleh 11 startup terpilih yang didirikan atau dipimpin oleh perempuan. Startup tersebut datang dari berbagai latar belakang dan vertikal industri, seperti artificial intelligence, sumber daya manusia, ritel, hingga e-commerce.

Adapun ke-11 startup terpilih dari seluruh kawasan Asia Pasifik tersebut, adalah:
1. Avana (Malaysia)
2. Fuse (China)
3. Gadjian (Indonesia)
4. Glazziq (Thailand)
5. Kono (Korea Selatan)
6. PollcyPal (Singapura)
7. Roshni Rides (Pakistan)
8. Seekmi (Indonesia)
9. Snooper (Australia)
10. Stylegenie (Filipina)
11. ViralWorks (Vietnam)

2. Pembelajaran yang akan didapatkan

Simona Adakan Program Untuk 11 Startup Dengan Founder PerempuanUNSPLASH/Mimi Thian

Program APAC Women Founders Accelerator akan berjalan mulai 25 hingga 29 Maret. Selama 5 hari, para founders perempuan tadi akan dikenalkan dengan banyak hal, mulai dari pengenalan terhadap pasar Indonesia, dibukakan akses ke investor lokal dan regional, serta dihubungkan dengan pelaku industri terkemuka di tanah air.

3. Menjadi tempat bagi para pemimpin perempuan untuk saling dukung

Simona Adakan Program Untuk 11 Startup Dengan Founder PerempuanIDN Times/Margith Juita Damanik

Pihak Simona Ventures mengaku bersemangat untuk menghadirkan para pendiri dan pemimpin perempuan dari berbagai startup dalam program ini.

Managing Partner Simona Ventures, Putri Izzati, berharap para perempuan hebat yang terpilih tidak hanya dapat menjadi teladan, namun juga menjadi pendukung satu sama lain. Dia pun menambahkan, program akselerator ini akan menjadi corong untuk mengidentifikasi startup mana saja yang akan diinvestasikan.

“Di tahap early stage, banyak startup yang butuh pendanaan tetapi tidak banyak yang berani berinvestasi karena risiko lebih besar. Padahal, itu yang dibutuhkan karena banyak women-led business yang ada di tahap itu tidak bisa scale up,” ungkap Putri lebih lanjut.

Nicole Yap selaku VP Strategy Digitaraya, mengungkapkan hanya 10 persen startup dalam program mereka memiliki co-founder atau eksekutif di C-level perempuan. Itulah yang menjadi latar dari terwujudnya kerja sama lewat program APAC Womend Founders Accelerator ini.

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya