Sistem Zonasi Terus Berjalan, Mendikbud Minta Guru Bersiap Diri

Sistem zonasi menuntut guru bekerja lebih profesional

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy meminta kepada seluruh guru di Indonesia untuk mempersiapkan diri bekerja lebih profesional lagi ketimbang selama ini. Sistem zonasi yang terus berjalan, menurut Muhadjir membuat guru harus dapat bekerja lebih profesional lagi.

Hal ini disampaikan Mendikbud di Gedung DPR MPR, Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa (2/7). Ia juga sempat menyinggung perihal rotasi bagi guru yang masih sangat mungkin dilakukan.

1. Bersiap untuk bekerja lebih profesional

Sistem Zonasi Terus Berjalan, Mendikbud Minta Guru Bersiap DiriANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Mendikbud mengatakan, dengan terus diberlakukannya sistem zonasi membuat sekolah tak lagi diisi oleh jenis siswa dengan tingkat kecerdasan yang homogen. Hal ini disebutnya menjadi salah satu alasan mengapa guru perlu bersiap diri untuk bekerja lebih profesional.

"Meningkatkan keterampilan guru untuk segera beradaptasi dengan perubahan zonasi ini," kata dia.

Menurutnya, sudah menjadi tugas guru untuk mengantar para siswa sesuai dengan kemampuan semaksimal mungkin sesuai dengan bakat keistimewaan masing-masing.

2. Akan ada masanya rotasi untuk guru

Sistem Zonasi Terus Berjalan, Mendikbud Minta Guru Bersiap DiriIDN Times/Margith Juita Damanik

Guru-guru juga diminta Mendikbud untuk mempersiapkan diri untuk menjalankan rotasi yang sangat mungkin dilakukan. "Nanti ada masanya rotasi," kata dia.

Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 disebut Mendikbud menjadi langkah awal dalam pemerataan standar pendidikan di Indonesia. Langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah pemerataan mutu pengajar dan sarana dan prasarana di tiap sekolah.

3. Sistem zonasi tetap berjalan

Sistem Zonasi Terus Berjalan, Mendikbud Minta Guru Bersiap DiriANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Meski dirundung berbagai masalah dan isu, sistem zonasi PPDB 2019 diputuskan terus berjalan. Sistem ini sudah berlangsung selama tiga tahun terakhir.

Menurut Mendikbud, pemerataan standar pendidikan nasional, salah satunya dengan pemberlakuan sistem zonasi bukan hal instan dan perlu kesabaran untuk menikmati hasilnya.

Baca Juga: PPDB Kisruh, Salah Siapa? Ini Jawaban Mendikbud

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya