Sore-Sore Berkah: Belajar Taat Salat dari Tarawih Selama Ramadan

Tarawih itu ternyata artinya rehat, lho!

Jakarta, IDN Times – Bagaimana kalau puasa lancar tapi salat masih belum benar di bulan Ramadan? Pertanyaan itu menurut Ustaz Hanan Attaki ternyata cukup banyak di tanyakan di sepanjang Ramadan, lho.

Di episode Sore-Sore Berkah yang tayang di kanal YouTube IDN Times pada Jumat (1/5) kali ini, Ustaz Hanan Attaki mengingatkan, puasa dan salat itu menjadi bagian dari rukun islam. Jadi seharusnya tidak boleh ada pembedaan di antara keduanya.

“Jangan sampai kita termasuk orang yang yu'minuna al bina wal kitab wa yafurun. Mengimani sebagian dari Alquran dan mengingkari sebagian yang lain,” kata Ustaz Hanan. Jadi, kita harus memaksimalkan semuanya, baik salat dan puasa.

Menurut ustaz Hanan, di bulan puasa kita sedang dilatih Allah untuk menikmati salat dengan salat tarawih. Tahukah kamu? Tarawih itu ternyata artinya rehat, lho. Jadi salat ternyata bisa enjoy. Dijadikan waktu untuk rehat, bukan sekadar jadi beban kewajiban.

Dulu ketika Nabi meminta Bilal bin Rabah untuk mengumandangkan azan, Nabi mengatakan, “Ya Bilal arihna bish sholah", yang artinya "istirahatkan kami dengan salat".

Jadi untuk Nabi dan sahabat, salat itu break. Bukan kewajiban atau tugas. Kita jadikan salat sebagai break dari segala macam kesibukan dan kejenuhan kita. Caranya bagaimana? Dilatih lewat salat tarawih.

Menurut Ustaz Hanan, itu jadi sebab tarawih itu rakaatnya banyak. “Kita lagi latihan, latihan menikmati berdirinya, menikmati rukuk-nya, menikmati sujud-nya,” kata ustaz Hanan.

Kalau sudah bisa enjoy dengan salat, berarti puasa kita sukses, membawa kita kepada salat yang khusyuk, salat yang benar. Itu menjadi hakikat dari puasa.

Lantas bagaimana kalau tidak sanggup menuntaskan seluruh rakaat salat tarawih?

“Gak harus semuanya di masjid juga, yang penting kita coba bikin training saja, pembiasaan saja sampai selesai Ramadan, salat itu benar-benar break buat kita,” kata ustaz Hanan.

Yuk kita mulai jadikan salat kita sebagai enjoy dalam kehidupan kita, sebagaimana puasa adalah terapi, salat juga penjemput rezeki.

https://www.youtube.com/embed/MtpXw1jdd9s

Baca Juga: Sore-Sore Berkah: Makan dan Minum Karena Lupa Lagi Puasa, Batal Gak?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya