Survei: UAS Paling Berpengaruh di Masyarakat, Rizieq Turun Drastis

Ketokohan Rizieq Shihab menurun sejak 2 tahun terakhir.

Jakarta, IDN Times - Ustaz Abdul Somad (UAS) merupakan tokoh ulama yang pendapatnya paling berpengaruh dan diikuti oleh publik dibanding ulama lain berdasarkan hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. 

"Ustaz Abdul Somad adalah ulama yang paling didengar suaranya atau imbauannya dari lima ulama yang berpengaruh yaitu sebesar 30,2 persen," kata Peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (14/11). 

1. Lima ulama paling berpengaruh

Survei: UAS Paling Berpengaruh di Masyarakat, Rizieq Turun DrastisInstagram/@ustadzabdulsomad

Kelima ulama yang dianggap masyarakat paling berpengaruh berdasarkan survei LSI Denny JA adalah Ustaz Abdul Somad, Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Yusuf Mansur, Ustaz Abdullah Gymnastiar, dan Habib Rizieq Shihab. 

Adapun tiga syarat utama kriteria ulama berpengaruh versi LSI Denny JA yaitu, tingkat pengenalan di atas 40 persen, tingkat kesukaan di atas 50 persen, dan kemampuan mempengaruhi di atas 15 persen. 

Ikrama menjelaskan, ulama yang pendapatnya paling banyak diikuti masyarakat setelah UAS adalah Ustaz Arifin Ilham (25,9 persen), Ustaz Yusuf Mansur (24,9 persen), Aa Gym (23,5 persen), dan Habib Rizieq (17 persen). 

2. Aa Gym merupakan ulama paling populer

Survei: UAS Paling Berpengaruh di Masyarakat, Rizieq Turun DrastisInstagram/@aagym

Menurut Ikrama, dari kelima ulama tersebut, Aa Gym merupakan ulama yang paling dikenal masyarakat dengan persentase 69,3 persen, UAS (59,3 persen), Ustaz Yusuf Mansur (57,2 persen), Habib Rizieq (53,4 persen), dan Ustaz Arifin Ilham (41,2 persen). 

"Ulama yang memiliki tingkat kesukaan tertinggi adalah Ustaz Yusuf Mansur (85,9 persen), Ustaz Arifin Ilham (84,4 persen), Ustaz Abdul Somad (82,5 persen), Aa Gym (79,7 persen), dan Habib Rizieq (52,9 persen)," ujarnya.

3. Ketokohan Rizieq menurun

Survei: UAS Paling Berpengaruh di Masyarakat, Rizieq Turun DrastisANTARA FOTO/Reno Esnir

Dalam survei LSI tersebut juga mengungkap pengaruh Habib Rizieq, dimana ketokohannya mulai menurun jika dibandingkan survei LSI Denny JA dua tahun lalu. 

Menurut Ikrama, survei LSI Denny JA Desember 2016, presentase masyarakat yang mengikuti imbauan Habib Rizieq sebesar 31,4 persen, dan menurun drastis di Oktober 2018 sebesar 17 persen. 

"Pengaruh Habib Rizieq berkurang semenjak tidak lagi di Indonesia dan dicitrakan bermasalah hukum. Pada Desember 2016, Habib Rizieq masih berada di Indonesia dan belum punya masalah hukum," katanya. 

4. Tingkat kesukaan pada Rizieq menurun

Survei: UAS Paling Berpengaruh di Masyarakat, Rizieq Turun DrastisDok.IDN Times/Istimewa

Berdasarkan tingkat pengenalan terhadap Habib Rizieq, pada Desember 2016 sebesar 48,7 persen lalu di Oktober 2018 sebesar 53,4 persen. 

Tingkat kesukaan terhadap Habib Rizieq pada Oktober 2018 sebesar 52,9 persen, menurun dibandingkan Desember 2016 yaitu 67,3 persen. 

Survei LSI Denny JA tersebut dilakukan sejak 10-18 Oktober 2018 melibatkan 1.200 responden dengan "margin of error" kurang lebih 2,8 persen. 

Wawancara survei dilakukan dengan tatap muka menggunakan kuesioner terhadap responden yang terpilih melalui metode "multistage random sampling". 

Selain menggunakan metode kuantitatif, survei tersebut dilengkapi dengan riset kualitatif melalui metode "forum group discussion", analisis media dan wawancara mendalam dengan biaya survei secara mandiri.

Baca Juga: 5 Kontroversi Ustaz Abdul Somad yang Bikin Geger Tanah Air

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya