Tak Ada Tujuh Tuntutan Mahasiswa Dalam Pidato Jokowi Sebagai Presiden

Jokowi mengaku fokus ke pengembangan SDM & infrastruktur

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo langsung menyampaikan pidatonya usai dilantik oleh MPR sebagai orang nomor satu di Indonesia pada Minggu (20/10). Namun, dalam pidato sama sekali tak menyentuh isi tujuh tuntutan mahasiswa yang selama ini mereka suarakan. Padahal, tujuh tuntutan itu sudah digemakan sejak mahasiswa turun ke jalan pada 24-25 September lalu.

Dalam pidatonya, Jokowi membahas mengenai pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi salah satu fokus kerja pemerintahan hingga lima tahun ke depan.

"Pertama, pembangunan SDM akan menjadi prioritas kita. Kita akan membangun SDM yang terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mengundang talenta-talenta global untuk bekerja sama dengan kita," kata Jokowi ketika menyampaikan pidatonya tadi di gedung DPR/MPR. 

Ia menyebut cara untuk mengembangkan SDM menjadi berkualitas dibutuhkan endowment fund. Namun, tidak disebut oleh Jokowi berapa nominal endowment fund yang dibutuhkan untuk membuat SDM Indonesia unggul. 

Jokowi juga sempat menyinggung pembangunan infrastruktur. Ia mengatakan akan kembali melanjutkan pembangunan infrastruktur yang di awal pemerintahan periode pertamanya sudah menjadi fokusnya.  

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga membahas mengenai kendala regulasi dan penyederhanaan birokrasi yang akan dilakukan. Hal terakhir yang dibahas Jokowi adalah perihal transformasi ekonomi.

Tidak satu pun dari lima poin yang disebutkan Jokowi menyentuh salah satu poin dari tujuh tuntutan mahasiswa. Berikut, tujuh tuntutan yang disampaikan oleh mahasiswa ketika berunjuk rasa besar-besaran di depan gedung DPR pada akhir September lalu. 

Tak Ada Tujuh Tuntutan Mahasiswa Dalam Pidato Jokowi Sebagai Presiden(Tujuh tuntutan mahasiswa saat berdemo) IDN Times/Sukma Shakti

Lalu, apa komentar mahasiswa mengenai hal itu? IDN Times menghubungi Presiden Badan Eksekutif UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Sultan Rivandi. Ia mengaku belum membaca isi pidato Jokowi yang dibacakan sore tadi. 

"Tapi, apa pun isi pidato itu, mahasiswa tetap akan turun ke jalan besok," kata Sultan melalui telepon pada Minggu (20/10). 

Ikuti terus perkembangan mengenai pelantikan Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin hanya di IDN Times ya. 

https://www.youtube.com/embed/fxUV5VWpkBI

Baca Juga: Usai Pelantikan, Jokowi Temui Sejumlah Tamu Negara di Istana Malam Ini

Topik:

Berita Terkini Lainnya