Terima Gelar Honoris dari Jepang, Megawati Berkisah Tidak Lulus Kuliah

 Megawati terima gelar honoris causa ke-9

Jakarta, IDN Times - Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri akan menerima gelar kehormatan honoris causa (HC) kesembilan untuk dirinya. Kali ini gelar tersebut datang dari Universitas Soka di Tokyo, Jepang.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan upacara pemberian gelar kehormatan akan dilaksanakan pada Rabu (8/1). Namun, Ketua Umum PDIP itu sudah bertolak ke Jepang.

1. Megawati berkisah tentang kuliahnya yang tidak selesai

Terima Gelar Honoris dari Jepang, Megawati Berkisah Tidak Lulus KuliahPresiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bertolak ke Jepang untuk menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa (Dok.IDN Times/Istimewa)

Di tengah rangkaian aktivitasnya di Jepang sebelum menerima gelar kehormatan causa dari Soka University, Megawati berkisah ternyata ia bercita-cita menjadi seorang peneliti. Beberapa kali dia menempuh pendidikan di perguruan tinggi, tapi selalu gagal.

Karena itu, Megawati ingin anak-anak muda Indonesia tak mudah menyerah bila cita-citanya belum tercapai. Bila terus berusaha, akan ada saja jalan baru untuk terus berprestasi dan menggapai cita-cita tersebut.

"Saya sebetulnya ingin menjadi peneliti, makanya saya ambil jurusan pertanian," kata Megawati, dalam keterangan tertulis.

Kampus tempat Mega kuliah adalah Universitas Padjajaran Bandung. Namun karena kondisi sosial politik dengan munculnya rezim Orde Baru, Megawati tak sampai selesai mengarungi pendidikannya di sana.

Kendati, cita-cita sebagai peneliti Megawati tak padam. Dia berkesempatan kembali ke kampus dan kali ini memilih jurusan psikologi di Unversitas Indonesia. Tapi lagi-lagi studinya tak selesai.

"Setelah keadaan mulai membaik saya masuk lagi ke Universitas Indonesia ambil fakultas psikologi," kata Megawati.

Walau tak menyelesaikan studinya, Megawati mengaku tak berhenti mengasah kemampuan penelitiannya. Namun jurusannya kini lebih meluas dan universitasnya adalah kehidupan dia sendiri. Karena itu, banyak kampus di dunia memberinya gelar doktor kehormatan.

"Sebetulnya, inginnya di situ (bidang pertanian dan psikologi) bisa menjadi peneliti. Tapi rupanya ya lain lagi. Saya peneliti politik lah sekarang. Jadi ya begitulah. Tapi poin saya, sering kali anak muda saya lihat putus asa. Terus apa ya, kalau sekarang anak muda bilang mellow ya. Lah kenapa ya mesti begitu?" kata Mega.

"Harusnya punya fighting spirit. Itu yang harus ada, karena keberhasilan pasti ada sepanjang harapan masih ada," kata dia, melanjutkan.

Baca Juga: Ketika Megawati Bikin Wishnutama Kicep soal Manfaat Bunga Telang

2. Megawati menerima gelar honoris causa kesembilan

Terima Gelar Honoris dari Jepang, Megawati Berkisah Tidak Lulus KuliahPresiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bertolak ke Jepang untuk menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Hasto menjelaskan gelar dari Universitas Soka akan menjadi gelar honoris causa kesembilan bagi Megawati.

"Soka University Tokyo akan menganugerahkan gelar honoris causa bidang kemanusiaan untuk Ibu Megawati," kata dia.

Gelar pertama Megawati didapat dari Universitas Waseda Tokyo, Jepang, pada September 2001. Kala itu, Mega mendapat gelar kehormatan bidang hukum.

3. Megawati tak tahu alasan Universitas Soka memberikan gelar kehormatan

Terima Gelar Honoris dari Jepang, Megawati Berkisah Tidak Lulus KuliahPresiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bertolak ke Jepang untuk menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa (Dok.IDN Times/Istimewa)

Putri Presiden pertama RI Sukarno ini mengaku tak tahu alasan Universitas Soka memberikan gelar kehormatan padanya.

"Ya saya tidak tahu. Kan bukan saya yang nyari. Tapi kan orang mungkin melihat saya. Mungkin dengar dari omongan dari pidato saya. Karena bagi saya itu yang juga harus diketahui sering kali anak muda mengejar gelar, padahal itu hanya sebuah tanda. Bahwa dia sudah selesai sekolah di sebuah tempat. Padahal yang kita ingin lakukan mencari ilmu pengetahuan," kata Mega.

4. Megawati memberikan kejutan ulang tahun

Terima Gelar Honoris dari Jepang, Megawati Berkisah Tidak Lulus KuliahPresiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bertolak ke Jepang untuk menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa (Dok.IDN Times/Istimewa)

Sebelum menerima gelar kehormatan doktor honoris causa dari Universitas Soka, Megawati menghadiri jamuan makan siang yang diselenggarakan pimpinan Soka Gakkai International (SGI).

Acara jamuan makan siang berlangsung di Restoran Shibazakura, Hotel Prince Park Tower, Tokyo, Jepang, Senin (6/1). Dari SGI diwakili Wakil Presiden SGI Hiromasa Ikeda yang diutus langsung Presiden SGI Daisaku Ikeda yang merupakan ayah Hiromasa.

Usai bersalaman dengan Hiromasa, Megawati memberikan kembang sembari mengucapkan selamat ulang tahun. Hiromasa pun terkejut dan tersenyum lebar menerima kejutan kecil tersebut.

Baca Juga: Harap-harap Cemas Gibran Menunggu Restu Megawati untuk Pilwalkot Solo

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya