Ternyata Ini Alasan Jokowi Berpakaian ala Bung Tomo 

Ternyata, sepeda yang dipakai Jokowi gak ada remnya. Waduh!

Bandung, IDN Times - Dalam kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/11), Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengenakan pakaian ala Bung Tomo. Baju itu dia kenakan juga saat melepaskan rombongan Bandung Lautan Sepeda.  

Jokowi pun mengungkap alasannya mengenakan pakaian serba cokelat itu.  

1. Jokowi: Ini kan Hari Pahlawan

Ternyata Ini Alasan Jokowi Berpakaian ala Bung Tomo ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Jokowi mengakui bahwa dia memang menyesuaikan pakaiannya untuk memperingati Hari Pahlawan yang tepat jatuh hari ini. "Suasana sejarah di tahun- tahun ’45, masa-masa perjuangan. Suasana itu yang tadi kenapa saya pakai pakaian ini,” jelas Presiden kepada wartawan usai mengikuti Gowes Bandung Lautan Sepeda di Kantor Gubernur Jawa Barat, seperti dikutip dari situs Setkab.go.id.  

Dia mengungkap, kostum yang dia gunakan itu mencerminkan semangat untuk memajukan bangsa ini. "Semangat ya semangat terus, semangat optimis. Semangat apa lagi? Semangat, pokoknya yang semangat, semangat, semangat semangat,” kata dia. 

2. Bung Tomo dan Pertempuran Surabaya

Ternyata Ini Alasan Jokowi Berpakaian ala Bung Tomo Bung Tomo (Alex Mendur via www.nu.or.id)

Pakaian Jokowi terinspirasi dari Bung Tomo. Bernama asli Sutomo, Bung Tomo merupakan pahlawan nasional yang memimpin perjuangan rakyat di Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945.  

Pria kelahiran Surabaya, 3 Oktober 1920 itu berhasil mengobarkan semangat rakyat Surabaya untuk melawan Belanda yang dibonceng Sekutu dengan maksud ingin kembali menjajah Indonesia setelah kemerdekaan.  

Perang Surabaya 10 November itu sendiri dipicu oleh keberanian pemuda Surabaya yang merobek bendera Belanda--bagian birunya sehingga tersisa merah putih--di Hotel Yamato. Aksi pemuda itu membuat Belanda berang.  

Meskipun Indonesia kalah dalam Pertempuran 10 November itu, kejadian ini tetap dicatat sebagai salah satu peristiwa terpenting dalam sejarah Kemerdekaan Indonesia. Bangsa inipun memperingati pertempuran arek-arek Suroboyo itu sebagai Hari Pahlawan.  

Baca Juga: Kisah Bung Tomo: Garang di Medan Perang, Manis pada Istri Tersayang

3. Semangat pahlawan, semangat membangun negara

Ternyata Ini Alasan Jokowi Berpakaian ala Bung Tomo ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Untuk memperingati Hari Pahlawan, Presiden Jokowi semua lapisan masyarakat untuk juga memiliki semangat yang sama, yakni memajukan Indonesia.  

"Saya kira semangat-semangat pahlawan dulu juga sama. Semangat untuk merdeka setelah itu semangat untuk membangun negara. Semangat di situ,” jelas Presiden Jokowi. 

4. Sepeda ontel Jokowi ternyata tidak dilengkapi rem. Waduh!

Ternyata Ini Alasan Jokowi Berpakaian ala Bung Tomo ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Melengkapi kostum pejuang ala Bung Tomo, Jokowi juga mengendarai sepeda ontel dan berkeliling Kota Bandung. Ternyata, sepeda itu tidak dilengkapi rem.  

Semula, Jokowi memilih sepeda itu karena paling ringan. “Yang tadi saya agak-agak mikir, agak groginya di situ, remnya. Enggak ada remnya, paling-paling tadi kalau misalnya jalan yang menurun tajam itu saya tubrukkan ke trotoar mungkin biar berhenti,” cerita Presiden. 
 

Untungnya, semua aman karena memang jalannya nanjaknya sedikit, turunnya juga sedikit. “Kalau turunnya tajam, waduh, saya pilih turun saya tuntun, seperti itu,” cerita Presiden sambil tersenyum. 

Baca Juga: FOTO: Begini Penampilan Jokowi Pakai Baju Pejuang di Hari Pahlawan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya