Comscore Tracker

Tinjau Perbatasan, BKKBN: Anak Gak Usah Banyak, tapi Berkualitas!

BKKBN puji kualitas puskesmas di Kalimantan Barat

Sanggau, IDN Times - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, dalam kunjungannya ke Kalimantan Barat menyempatkan diri menengok Puskesmas Balai Karangan yang melayani Program KB di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, pada Sabtu (15/2).

Dalam kunjungannya, Hasto memuji standar baik yang telah berlaku di puskesmas tersebut. Menurut dia, puskesmas di wilayah yang dekat perbatasan ini tak kalah dengan yang ada di Pulau Jawa.

1. Puskesmas di perbatasan tak kalah dengan di Pulau Jawa

Tinjau Perbatasan, BKKBN: Anak Gak Usah Banyak, tapi Berkualitas!Kunjungan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo ke Puskesmas Balai Karangan, Kalimantan Barat (IDN Times/Margith Juita Damanik)

"Di perbatasan ini pelayanannya justru bagus. Puskesmas di perbatasan, standar bagus," kata Hasto memuji fasilitas yang ada di Puskesmas. "Puskesmas di Jawa saja kalah," lanjut dia.

Menurut hasto layanan dan sarana prasarana di Puskesmas Sanggau terbilang baik dan cukup untuk melayani pelepasan dan pemasangan alat KB.

"Supply alat kontrasepsinya cukup. Saya cek di kepala perwakilan di Kalimantan Barat ini alat tidak kurang, obat tidak kurang. Tenaga cukup, bidan cukup. Sarana ada," kata Hasto lagi.

Baca Juga: BKKBN Siap Jadi yang Pertama Pindah ke Ibu Kota Baru

2. Akan tambahkan tenaga penyuluh di perbatasan

Tinjau Perbatasan, BKKBN: Anak Gak Usah Banyak, tapi Berkualitas!

Selain memuji Hasto juga melihat hal-hal yang perlu dievaluasi atau ditambahkan di Puskesmas ini. Menurut dia tenaga penyuluh menjadi aspek utama yang perlu ditambahkan.

"Tenaga provider cukup, (tenaga) penyuluhnya mungkin perlu kita tambah," kata Hasto. Dia juga menyempatkan diri untuk bertegur sapa dengan pengunjung Puskesmas yang tengah melakukan pemasangan alat kontrasepsi.

3. Sasar daerah-daerah kecil untuk penyuluhan

Tinjau Perbatasan, BKKBN: Anak Gak Usah Banyak, tapi Berkualitas!Kunjungan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo ke Puskesmas Balai Karangan, Kalimantan Barat (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Menjalankan apa yang disarankan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk memberikan pelayanan di daerah-daerah kecil dan pinggiran, BKKBN memilih daerah perbatasan di Kalimantan Barat sebagai titik pelayanan KB kali ini.

"Kan kita di sini itu TFR-nya masih 2,6. Target Bappenas dan Pak Jokowi itu 2,1," kata Hasto usai mengunjungi Puskesmas.

"Anaknya gak usah banyak-banyak tapi berkualitas," lanjut dia.

Baca Juga: Jemput Bola ke Perbatasan, BKKBN Adakan Penyuluhan KB

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya