Comscore Tracker

TKN: KIP Kuliah Dapat Tekan Pernikahan Anak

Pernikahan anak terjadi karena biaya pendidikan tinggi?

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo – Ma’ruf Amin, Lathifa Al Anshori, menyebutkan bahwa KIP Kuliah dapat menjadi salah satu jalan untuk menekan angka pernikahan usia anak yang terjadi di Indonesia.

Hal ini disampaikan Lathifa di kantor IDN Times, Jakarta Barat, pada Minggu (17/3). “KIP Kuliah sangat membantu penurunan pernikahan anak,” kata Lathifa.

Pernikahan anak, menurut Lathifa, masih menjadi salah satu pekerjaan rumah pemerintah yang masih perlu diperhatikan. Calon anggota legislatif DPR RI daerah pemilihan Jawa Timur 4 ini menyebutkan KIP Kuliah menjadi salah satu hal yang dibawanya dalam kampanye.

Ketika mempromosikan KIP Kuliah, menurut Lathifa, banyak orang tua yag berpikir ulang untuk menikahkan anaknya di usia dini. “Ketika saya kampanye KIP Kuliah, kata ibu-ibu, 'wah kalau begitu saya gak usah nikahin anak saya muda lagi, pemerintah sudah mau membayar anak saya kuliah',” kata Lathifa mengulangi respons warga di daerah pemilihannya.

Selama ini menurut Lathifa, beban dana pendidikan yang cukup mahal menjadi hal yang membuat orang tua tak sungkan menikahkan anaknya pada usia anak. “Di dapil saya banyak pernikahan anak. Salah satu alasannya karena orang tua bingung membayar uang sekolah,” sebut Lathifa.

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya