TKN: Banyak Konsep Baru di Kampanye Terbuka Jokowi-Ma'ruf

Pada dasarnya membuat sesuatu yang kreatif

Jakarta, IDN Times - Masa kampanye terbuka pemilihan umum 2019 akan dimulai pada Minggu (24/3) hingga 13 April 2019. Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo - Ma'ruf Amin menyebutkan akan ada konsep baru dari kampanye yang dilakukan pasangan calon nomor urut 01 ini.

Ketua TKN, Erick Thohir, menyebutkan bahwa tim TKN akan mengeluarkan konsep kampanye baru selama masa kampanye terbuka ini. Pasangan Joko "Jokowi" Widodo dan Ma'ruf Amin akan memulai langkahnya dalam kampanye terbuka di Provinsi Banten.

1. Mengeluarkan konsep baru

TKN: Banyak Konsep Baru di Kampanye Terbuka Jokowi-Ma'rufIDN Times/Margith Juita Damanik

"Kita akan mengeluarkan konsep-konsep kampanye yang baru, tidak hanya yang sudah dilihat selama ini, akan ada inovasi-inovasi," sebut Erick di Posko Cemara, Jakarta Pusat pada Sabtu (23/4). "Konsep kita berbeda dengan paslon 02," tambah dia.

Salah satu konsep yang akan berbeda dan diterapkan TKN adalah konsep dari panggung kampanye. "Salah satunya adalah konsep dari panggung sendiri yang bagaimana kita ingin paslon kita dekat dengan rakyat, sesuai dengan filosofi beliau," kata Erick. "Bukan pencitraan, tapi memang beliau maunya dekat dengan rakyat," tambah dia.

Baca Juga: Hadiri Deklarasi Kampanye Damai di Bawaslu, TKN-BPN Komitmen 7 Hal Ini

2. Akan selalu didampingi representasi tiap partai koalisi

TKN: Banyak Konsep Baru di Kampanye Terbuka Jokowi-Ma'rufIDN Times/Margith Juita Damanik

Selama masa kampanye terbuka, nantinya Jokowi dan Ma'ruf Amin akan didampingi oleh representasi dari tiap partai koalisi. Selain partai koalisi akan ada pihak-pihak lain yang juga turut mendampingi.

Mulai dari tokoh agama seperti para ulama, tokoh nasional, tokoh partai politik, dan beberapa menteri yang berasal dari partai politik, akan mendampingi Jokowi-Ma'ruf selama masa kampanye terbuka. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris TKN, Hasto Kristiyanto di Posko Cemara, Sabtu (23/3).

3. Menyiapkan Juru Kampanye Nasional

TKN: Banyak Konsep Baru di Kampanye Terbuka Jokowi-Ma'rufIDN Times/Margith Juita Damanik

Hasto menyebutkan, TKN juga akan mempersiapkan Juru Kampanye Nasional (Jurkamnas) untuk bertugas. Jurkamnas akan ditugaskan untuk membantu Jokowi-Ma'ruf selama masa kampanye terbuka.

"Kami juga siapkan nanti dari Jurkamnas Ulama, Jurkamnas pimpinan partai politik, Jurkamnas para menteri," kata Hasto. Ia juga menjelaskan tidak semua menteri akan menjadi Jurkamnas, hanya menteri yang berasal dari partai politik dan yang mengambil cuti.

4. Tampilkan keragaman termasuk soal partai koalisi

TKN: Banyak Konsep Baru di Kampanye Terbuka Jokowi-Ma'rufIDN Times/Margith Juita Damanik

Hasto memuji ide kreatif yang akan dibawa Erick Thohir.

"Pak Erick membawa kampanye tim kreatif sehingga pada dasarnya seluruh kampanye itu akan menyajikan hal-hal yang sifatnya kreatif, yang berbeda dengan yang dilakukan oleh pasangan 02," kata Hasto.

Area outdoor yang nantinya akan dibentuk ketika Jokowi dan Ma'ruf Amin melakukan kampanye menjadi contoh yang disampaikan Hasto. Warna-warna partai koalisi juga tampak ditunjukkan dalam kampanye ini.

"Kita ini ada yang warna biru, sehingga dengan warna ini Nasdem juga bergembira ria warnanya dipakai dengan baik," kata Hasto.

Selain itu warna-warna seperti merah, oranye, dan kuning juga tampak menjadi bagian dari warna-warni kampanye. "Tema-tema tentang agama, tema tentang kebudayaan, bagaimana Pancasila dibunyikan, bagaimana pemimpin itu memang memberikan arah dan dukungan anak-anak muda, dukungan kaum perempuan dan semua, bergerak bersama dalam kegembiraan politik," tambah Hasto.

Baca Juga: Jokowi: Gak Usah Gede-gede, Jogja Ditargetkan Menang di atas 70 Persen

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya