Comscore Tracker

Waspada Virus Corona, Menkes Terawan: Jangan Panik

Tidak ada pegawai terpapar virus corona di Gedung BRI

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan ada dua hal yang perlu diwaspadai terkait penyebaran virus Corona. Menurutnya yang paling penting adalah tidak panik.

"Jangan sampai tetangga kita gak pernah ke luar negeri, keluar kota juga ndak pernah, begitu batuk rada sesak kalian bilang kena penyakit itu," kata Terawan saat mendatangi Gedung BRI, Jakarta Pusat, Kamis (23/1).

Baca Juga: 17 Orang Tewas Akibat Virus Corona, Tiongkok Tutup Kota Wuhan

1. Menteri Terawan minta masyarakat tidak panik

Waspada Virus Corona, Menkes Terawan: Jangan PanikMenteri Kesehatan, Terawan di gedung BRI (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Menteri Terawan mengimbau masyarakat tidak panik ketika ada tetangga atau kerabat yang terjangkit penyakit dengan ciri-ciri yang mirip dengan virus corona. 

Selain riwayat perjalanannya, Terawan melanjutkan, hal lain yang perlu ditelusuri adalah riwayat kontak dari orang yang sedang sakit.

"Atau kontak dengan siapa. Itu kan merupakan hal yang harus kita tahu," kata Terawan.

2. Tidak ada pegawai terpapar virus corona di Gedung BRI

Waspada Virus Corona, Menkes Terawan: Jangan PanikMenteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat 3 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sebelumnya seorang pegawai Huawei yang bekerja di Gedung BRI sempat dilaporkan terpapar virus corona. Pegawai tersebut telah dilarikan ke rumah sakit.

Menteri Terawan pun langsung meluncur ke Gedung BRI untuk memastikan kabar ini. "Sudah dipastikan dia hanya sakit radang tenggorokan biasa," kata Menkes Terawan.

3. Virus Corona berasal dari Tiongkok

Waspada Virus Corona, Menkes Terawan: Jangan PanikSeorang bayi memakai masker untuk mencegah penularan coronavirus baru di Stasiun Kereta Cepat Hong Kong West Kowloon di Hong Kong pada 23 Januari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS./Tyrone Siu

Virus Corona pertama kali menyerang warga Wuhan, Tiongkok, dan menyebar ke beberapa negara di Asia seperi Thailand, Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan.

Mereka yang terjangkit Corona memiliki gejala penyakit umum seperti demam, batuk, dan sesak napas. Jika lebih parah, penderita virus Corona bisa menyebabkan pneumonia, penyakit pernapasan angkut, gagal ginjal, hingga kematian.

Waspada Virus Corona, Menkes Terawan: Jangan PanikIDN Times

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Bandara Solo Pasang Thermal Scanner

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya