Andre Rosiade: Ada Faktor X yang Halangi Kepulangan Rizieq

Prabowo terikat janji Ijtima Ulama II untuk pulangkan Rizieq

Jakarta, IDN Times - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade mengatakan pemulangan Rizieq Shihab ke tanah air tidak dapat dikatakan sebagai syarat terjadinya rekonsiliasi. Hal tersebut dikatakannya sebagai respons dari pernyataan Kepala Staf Presiden Moeldoko yang menyatakan Rizieq bisa pulang sendiri ke tanah air.

Andre mengatakan, pihaknya menilai makna dari rekonsiliasi adalah tidak adanya pihak yang terzalimi dalam proses tersebut. Sehingga dapat dirasakan makna persatuan yang sebenarnya.

1. Rekonsiliasi terjadi jika tidak ada yang terzalimi

Andre Rosiade: Ada Faktor X yang Halangi Kepulangan RizieqIDN Times/Irfan Fathurohman

Andre mengatakan jika ingin rekonsiliasi terlaksana maka harus seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani. Menurut Andre, Muzani mengatakan jangan sampai ada pihak yang merasa terzalimi. Bahwa pihaknya ingin negara ini jadi guyub dan rukun kembali.

"Jadi beban-beban yang terjadi dari Pemilu ini bisa selesai. Kalau kita mau silaturahim, mau guyub, seluruh kasus dan beban yg ada bisa terselesaikan," tutur Andre saat ditemui di Gedung Parlemen, Rabu (10/7).

2. Prabowo terikat janji saat Ijtima II untuk pulangkan Rizieq Shihab

Andre Rosiade: Ada Faktor X yang Halangi Kepulangan RizieqIDN Times/Irfan Fathurohman

Andre menjelaskan bagaimana pun Prabowo Subianto memiliki janji di ijtima ulama II, bahwa Prabowo menginginkan mengajak Rizieq kembali ke tanah air. Andre mengatakan jika negara Indonesia ingin mengembalikan suasana guyub, tidak ada salahnya untuk memulangkan Rizieq ke tanah air.

"Kan dia salah satu ulama yang masih bermasalah kan Habib Rizieq. Tentu dengan harapan kita kan tujuannya agar negara ini guyub, semua masalah selesai, selain ratusan pendukung kami masih ditahan, juga ulama yg masih bolak balik dipanggil polisi, juga Habib Rizieq," ujar Andre.

Baca Juga: Rizieq Shihab Harus Bayar Denda Overstay Jika Mau Pulang ke Indonesia

3. Terdapat faktor X yang halangi kepulangan Habib Rizieq

Andre Rosiade: Ada Faktor X yang Halangi Kepulangan RizieqIDN Times/Irfan Fathurohman

Andre menjelaskan terdapat faktor X yang masih menghalangi Rizieq bisa kembali ke tanah air. Menurut keterangan Andre, terkait faktor X tersebut hanya pemerintah lah yang bisa mengetahuinya.

"Saya gak tahu, tanya habib Rizieq sama pemerintah yang tahu lah," kata Andre.

4. Sebelumnya pihak Prabowo meminta kepulangan Rizieq sebagai syarat rekonsiliasi

Andre Rosiade: Ada Faktor X yang Halangi Kepulangan RizieqIDN Times/Irfan Fathurohman

Sebelumnya diberitakan, eks Koordinator Jubir BPN, Dahnil Anzar Simanjuntak, menyarankan agar rekonsiliasi Jokowi-Prabowo dimanfaatkan untuk memulangkan Habib Rizieq ke Indonesia. Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon juga menyetujui usulan itu.

Moeldoko merespons permintaan Dahnil untuk memulangkan Rizieq dinilainya tidak tepat. Menurut dia, Rizieq sendiri yang memutuskan untuk pergi, dan bukan menjadi tanggung jawab pemerintah untuk memulangkannya kembali ke Indonesia.

"Ya siapa yang pergi, siapa yang pulangin. Kan pergi-pergi sendiri, kok dipulangin. Gimana sih? Memangnya kita yang ngusir, kan gak. Pergi-pergi sendiri kok, kita ribut mau mulangin," kata Moeldoko di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (9/7).

Baca Juga: Moeldoko: Rizieq Pergi Sendiri, Kok Ribut Minta Dipulangin

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya