BTP hingga Ganjar Pranowo, Imbau Rekonsiliasi Usai Putusan MK

Masyarakat diimbau tak terus terbawa suasana pasca-Pilpres

Jakarta, IDN Times - Selama proses Pemilu sampai sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), masyarakat Indonesia terbagi menjadi dua kubu. Majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) telah menetapkan hasil sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Kamis lalu (27/6) dengan menolak semua gugatan dari kubu Prabowo-Sandiaga.

Setelah majelis hakim memutuskan hasil sengketa Pemilu, banyak pejabat yang mengimbau masyarakat untuk kembali bersatu dan berdamai.

1. Mahfud MD mengutip ayat Alquran

BTP hingga Ganjar Pranowo, Imbau Rekonsiliasi Usai Putusan MKIDN Times/Tunggul Kumoro

Mantan ketua majelis hakim Mahkamah Konstitusi ini mengajak masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan hasil sidang putusan MK. Mahfud menilai dalam ranah politik kawan dan lawan adalah hal biasa, sehingga masyarakat jangan terus terbawa situasi hasil sidang MK.

"Ada ayat Alquran di surat Al An'am (32), "Wamal hayatuddun'ya illaa la'ibun wa lahwun", tiadalah kehidupan di dunia ini kecuali permainan dan senda gurau. Dlm politik hal ini nyata. Makanya yg di bawah jgn bermusuhan terlalu serius sebab yg di atas bs tiba2 berzigzag. Ayo rukun sj," tulis Mahfud dalam pada akun Twitter miliknya.

Baca Juga: Jokowi Ajak Gerindra Gabung, Cara untuk 'Bungkam' Oposisi? 

2. Ridwan Kamil unggah grafis Jokowi dan Prabowo berpelukan

BTP hingga Ganjar Pranowo, Imbau Rekonsiliasi Usai Putusan MKIDN Times/Galih Persiana

Setelah majelis hakim MK memutuskan hasil sidang sengketa Pemilu, pria yang akrab disapa Kang Emil ini menulis pada akun Instagram-nya bahwa semua yang terjadi adalah takdir Tuhan. Menurut Kang Emil, manusia hanya berikhtiar dan berdoa dan Tuhan-lah yang memberi kepastian akhir perjalanan.

"...PASTI ADA yang senang dan ada yang kecewa. Itulah hakikat pergulatan kehidupan. Namun, yang senang jangan berlebihan, yang kecewa jangan berlama-lama. SAATNYA KEMBALI bergandengan tangan. Mengisi esok hari dengan gagasan baru, kerja keras dan ikhtiar bersama untuk membawa masa depan bangsa kita agar makin juara dan luar biasa. SEMOGA ALLAH SWT selalu menjaga dan meridhoi perjalanan panjang bangsa Indonesia yang amat kita cintai ini," tulis Gubernur Jawa Barat itu pada akun Instagram-nya.

3. Basuki Tjahaja Purnama ucapkan selamat

BTP hingga Ganjar Pranowo, Imbau Rekonsiliasi Usai Putusan MKIDN Times/Denisa Tristianty

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (BTP), mengucapkan selamat kepada pasangan capres-cawapres terpilih. Dia akhir ucapannya, BTP mengajak masyarakat untuk berekonsiliasi usai putusan sidang MK.

"Selamat atas terpilihnya Bapak Jokowi dan Kiai Haji Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2019-2024. Saya percaya Pak Jokowi dan Pak Kiaui Ma'ruf akan menjadi pemimpin yang adil yang memimpin untuk semua golongan tanpa terkecuali. Semoga Pak Presiden tetap teguh dalam setiap usaha untuk membumikan Pancasila di NKRI. Kepada semua pihak, semoga rekonsiliasi bangsa segera terwujud demi Indonesia yang lebih damai dan sejahtera," tulis pria yang juga sempat akrab disapa Ahok ini.

4. Ganjar Pranowo imbau terkait rekonsiliasi

BTP hingga Ganjar Pranowo, Imbau Rekonsiliasi Usai Putusan MKJatengprov.go.id

Ganjar mengunggah gambar dua calon presiden yang beradu pada Pilpres lalu Jokowi dan Prabowo yang tengah berjabat tangan.

"MK sudah memutuskan, mari segera bergandengan tangan kembali. Saling ucap maaf dan selamat dengan tulus untuk pendidikan kita semua," tulis Gubernur Jawa Tengah itu.

Baca Juga: Sekjen Gerindra: Prabowo Tak Akan Hadir di Penetapan Presiden Terpilih

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya