Pesta Kesenian di Bali, Presiden Jokowi Ditemani Keluarga Besarnya

Pawai sebagai sarana membumikan nilai Pancasila di Bali

Denpasar, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo tiba di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali pukul 14.15 WITA untuk melepas pawai Pesta Kesenian Bali ke-41 Tahun 2019 pada Sabtu (15/6). Dalam acaranya ini, turut hadir Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, serta anak dan cucu Presiden.

"Dengan memohon pada Ida Syang Hyang Widhi Wasa hari ini saya membuka pawai Pesta Kesenian Bali yang ke-41 tahun 2019 matur suksma," kata Jokowi sebelum memukul kulkul sebagai tanda pelepasan pawai.

1. Presiden dan keluarga mengenakan pakaian adat Bali

Pesta Kesenian di Bali, Presiden Jokowi Ditemani Keluarga BesarnyaDok.IDN Times/Istimewa

Dalam acara pelepasan pawai, Presiden Jokowi mengenakan beskap cokelat dan udeng khas Bali. Sedangkan, Ibu Negara mengenakan kebaya merah, duduk bersama dengan para istri menteri yang tergabung dalam Kabinet Kerja.

Selain itu, cucu Presiden, Jan Ethes, turut hadir dalam acara tersebut mengenakan pakaian khas Bali warna putih dan udeng batik cokelat senada dengan pakaian ayahnya, Gibran Rakabuming Raka. Sementara Selvie Ananda, istri Gibran, mengenakan kebaya Bali warna cokelat muda. Anak kedua Jokowi, Kahiyang Ayu dan suaminya, Bobby Nasution, juga hadir dalam acara itu.

Baca Juga: BPN Sebut Kasus Hary Tanoe Hilang Setelah Dukung Jokowi di Pilpres

2. Pesta Kesenian Bali sebagai ajang membumikan Pancasila di Bali

Pesta Kesenian di Bali, Presiden Jokowi Ditemani Keluarga Besarnyakintamani.id

Gubernur Bali, I Wayan Koster, mengatakan Pesta Kesenian Bali (PKB) merupakan upaya yang dilakukan pemerintah Bali untuk membumikan Pancasila di Bali. Presiden menandai pelepasan pawai PKB dengan pemukulan kulkul yang kemudian disambut Tabuh Ketug Bumi persembahan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, sekaligus mengiringi maskot PKB Siwa Nataraja.

"Di tengah dinamika politik, ada seni yang dapat menyatukan kita kembali. Melalui PKB, mari kita kembangkan spirit kebersatuan dan kebhinekaan bangsa," kata Wayan dilansir dari Antara.

3. PKB ke-41 mengusung narasi besar unsur keempat dari Panca Maha Bhuta

Pesta Kesenian di Bali, Presiden Jokowi Ditemani Keluarga BesarnyaIDN Times/Imam Rosidin

Pawai PKB 2019 memiliki konsep dengan format peserta tampil sambil berjalan dalam waktu maksimal tujuh menit. PKB ke-41 mengusung narasi besar bayu sebagai unsur keempat dari Panca Maha Bhuta yang merupakan refleksi energi yang sangat vital dalam kehidupan manusia, sehingga keberadaannya patut dijaga dan diberdayakan.

Bayu dirumuskan menjadi sebuah tema inti yakni "Bayu Pramana: Memuliakan Sumber Daya Angin. Tema tersebut bertujuan untuk mengimplementasikan visi pembangunan Bali 2018-2023, yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali".

4. Pawai sebagai ajang menampilkan kekhasan budaya daerah

Pesta Kesenian di Bali, Presiden Jokowi Ditemani Keluarga BesarnyaKi-ka: Gubernur Bali, I Wayan Koster; dan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. (Facebook.com/PemerintahanProvinsiBali)

Secara umum, konsep pawai masih tetap berlandaskan pada konsep penggalian, pembinaan, pengembangan, dan pelestarian. Sebagai inti garapan, wajib menampilkan kekhasan budaya daerah masing-masing, serta garapan seni kolosal yang berhubungan dengan unsur angin.

Struktur materi pawai yang dibawakan oleh kabupaten/kota terdiri dari papan nama, lambang kabupaten/kota yang terbuat dari bahan-bahan ramah lingkungan. Lalu ada sebanyak 10 muda-mudi berbusana khas daerah masing-masing, 20 orang pasukan membawa tedung khas kabupaten/kota, gamelan khas kabupaten/kota, 100 orang menyajikan garapan kolosal yang merepresentasikan tema Bayu Pramana, dan 100 orang menyajikan garapan kolosal yang diangkat dari tradisi budaya khas daerah masing-masing kabupaten/kota.

Hadir juga di acara ini perwakilan peserta dari luar negeri.

Baca Juga: Usulan Rekonsiliasi dengan Prabowo, Jokowi: Bisa Sambil Berkuda

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya